Hari Pertama Puasa, Mendag-RK Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Bandung

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 09:38 WIB
Bandung -

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi melakukan kunjungan ke sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung. Lutfi datang untuk memantau harga kebutuhan pokok.

Lutfi yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana melakukan kunjungan ke dua pasar, yakni Pasar Kosambi dan Pasar Sederhana.

Pantauan detikcom, Selasa (13/4/2021) di Pasar Sederhana, Lutfi langsung mendatangi sejumlah jongko pedagang untuk mengetahui harga pangan di pasaran.

Jongko yang pertama didatangi yakni penjual sayuran. Di jongko itu Lutfi menanyakan harga cabai rawit. Saat berdialog, penjual sayuran itu mengatakan harga cabai rawit berangsur turun.

Jongko penjual daging sapi dan daging ayam juga dikunjungi Lutfi. Pedagang daging sapi dan ayam potong mengatakan harga mengalami kenaikan. Selain itu, Lutfi juga mengunjungi penjual sembako dan penjual beras di pasar tersebut.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan hasil pemantauan bersama Menteri Perdagangan sejumlah komoditas bahan pokok masih mengalami kenaikan harga.

"Siklus kebiasaan naik (pada Ramadhan), kaya daging, telur, kalau yang lain stabil," kata Yana usai melakukan kunjungan ke Pasar Sederhana.

Yana mengungkapkan kenaikan harga juga terjadi pada komoditas minyak curah dan gula di pasaran.

"Tapi tadi menurut Pak Menteri ada beberapa komoditas yang agak naik, minyak curah dan gula, karena itu kewenangan Kementerian Perdagangan kemungkinan minggu-minggu ini menurut beliau pasokannya akan diperbanyak," ungkapnya.

"Kenaikannya dianggap wajar, bukan karena kelangkaan, siklus di Ramadhan," tambahnya.

Kenaikan harga komoditas pangan tersebut bervariatif dari Rp 500 hingga Rp 10 ribu. "Ayam Rp 42 ribu, Minggu lalu masih Rp 38. Sapi Rp 130, Minggu lalu Rp 120, telur Rp 23 ribu, gula Rp 13 ribu, harusnya Rp 12,5 ribu, sedangkan minyak curah Rp 14 ribu," pungkasnya.

(wip/mso)