Banjir Rendam Puluhan Rumah di Desa Wadas Karawang

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 21:46 WIB
Banjir di Karawang
Banjir di Karawang (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

Banjir merendam puluhan rumah di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karang. Banjir diduga akibat luapan air dari Kali Cikalapa.

Kepala Desa Wadas Jujun Junaedi mengungkapkan banjir terjadi usai wilayahnya diguyur hujan deras. Kemudian air dari Kali Cikalapa meluap dan memasuki rumah warga.

"Jadi jam 8 malam hujan turun deras, terus jam 9 malam air sudah masuk ke rumah warga kampung, dan warga perumahan lebih dari 50 rumah yang terendam, ketinggian airnya itu 50 cm sampai 1 meter," ungkapnya saat diwawancarai di lokasi, Senin (12/4/2021).

Menurut Jujun, wilayahnya memang termasuk daerah rawan banjir. Apalgi ketika hujan turun dengan intensitas tinggi.

"Kalau hujan dengan intensitas tinggi, desa kami pasti banjir," katanya.

Dia menyebut banjir terjadi akibat luapan Kali Cikalapa. "Jadi banjirnya itu karena luapan air dari kali Cikalapa," terangnya.

Jujun berharap pihak terkait bisa membantu dan mengatasi banjir yang sering terjadi di desanya.

"Saya berharap, pemerintah pusat, atau berbagai pihak bisa membantu kami untuk mencari solusi terbaik dalam penanganan banjir. Karena kami tidak ingin selalu dihantui rasa was-was kalau hujan datang, apalagi ini di tengah bulan suci Ramadhan," ujarnya.

Berdasarkan kajian, dia juga menyebut, pembangunan kawasan industri, dan perumahan elit di wilayah hulu Kali Cikalapa diduga jadi penyebab arus air begitu besar menerjang wilayahnya.

"Dari hasil kajian kami, di wilayah hulu Kali Cikalapa yang memang berada di kawasan industri, dan kawasan perumahan elit air tergelontorkan begitu besar, dan deras. Hanya satu jam hujan, arus kali begitu kencang," ucapnya.

(mso/mso)