Abuya Uci Turtusi Wafat, Pelayat Diimbau Tetap Terapkan Prokes

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 14:09 WIB
Kyai karismatik dari Tangerang Abuya Uci Turtusi meninggal dunia
Abuya Uci Turtusi (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Tangerang -

Polresta Tangerang mengimbau para pelayat ke mendiang Abuya Uci Turtusi, khususnya yang akan datang ke Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah di Cilongok di Pasar Kemis, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Bila perlu, warga mendoakan di rumah, musala, masjid atau pondok pesantren masing-masing mengingat masih adanya COVID-19.

"Iya, agar masyarakat diharapkan mendoakan Abuya, karena kondisi pandemi diharapkan jamaah mendoakan bersama di rumah, musala dan masjid," kata Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro saat ditanya detikcom pada Selasa (6/4/2021).

Bersama satgas Corona baik dari desa, kecamatan, hingga kabupaten katanya turun langsung ke Cilongok untuk melakukan imbauan dan penyekatan massa. Mereka meminta warga yang ke sana agar tetap melakukan prokes saat melayat.

Bahkan, semua polsek di Kabupaten Tangerang menyekat arus massa ke daerah sana. "Semua polsek juga melakukan penyekatan, satu kompi sabhara Polda (Banten) juga BKO," ujarnya.

Polisi dan satgas tetap berada di lingkungan pesantren selama hari duka atau tujuh hari. Personel terus memantau agar pelayat tetap jaga jarak dan tidak berkerumun.

Kabar duka meninggalnya ulama kharismatik ini disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Tangerang Ues Nawawi. Abuya Uci meninggal pagi tadi dan berharap umat islam mendoakan beliau.

"Abuya Uci meninggal dunia, mohon sampaikan ke teman-teman dan semua, mohon maaf dari beliau dan mohon doanya," kata Ues kepada detikcom.

Sejumlah ulama dan kiai di Tangerang sejak pagi berada rumah duka. Ues mengatakan pengajian dan majelis taklim di Cilongok masih akan berlangsung di Ponpes Al Istiqlaliyyah. Pengajian di pesantren mendiang selama ini memang dikenal di seluruh Banten dan selalu dihadiri ribuan jamaah.

"Saya habis menyalatkan, mendoakan. Insyaallah pengajiannya terus berlanjut," kata Ues.

Simak juga 'Saat Adik Sri Sultan Hamengku Buwono X Wafat':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)