Masuk 3 Besar Survei Capres Pilihan Anak Muda, Ridwan Kamil: Alhamdulillah

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 23 Mar 2021 12:59 WIB
Ridwan Kamil (Isal Mawardi/detikcom)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Isal Mawardi/detikcom).
Bandung -

Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan masuk dalam tiga besar capres pilihan anak muda hasil survei Indikator Politik Indonesia. Survei tersebut dilakukan pada 4-10 Maret dengan sample random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan hasil survei tersebut tak akan mengubah etos kerja yang dilakukannya selama ini. Menurutnya saat ini paling penting adalah memberikan kinerja yang terbaik untuk warga Jawa Barat.

"Ya hatur lumayan we saya mah, tidak berubah etos kerjanya. Tidak ngatur-ngatur, tidak ngebuzzer-buzzer, tidak. Tapi kalau diapresiasi secara elektroral ya Alhamdulillah, dan juga masih panjang, jadi intinya mah faktanya diterima, tapi tidak mengubah etos kerja, saya tetap semangat, tetap kreatif, tetap inovatif," ucap pria yang akrab disapa Kang Emil di Hotel Intercontinental, Bandung, Selasa (23/3/2021).

Ia meyakini anak-anak muda itu mendapatkan literasi politik secara digital. Semakin rajin pemimpin mengabarkan pencapaiannya di dunia maya, katanya, apresiasi itu pasti muncul. "Di era milenial, baliho-baliho politik sepertinya tidak akan laku," katanya.

Terkait nama Ganjar dan Anies yang masuk ke dalam top three, Kang Emil tak menganggap mereka sebagai saingan. "Semuanya calon mitra," ujar Kang Emil.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan ketiga tokoh tersebut memiliki tantangan tersendiri untuk maju sebagai capres.

"Kebetulan tiga-tiganya bukan orang yang menentukan di partai, apalagi RK (Ridwan Kamil) dan Anies dua-duanya bukan kader partai manapun. Ganjar meskipun kader partai tapi bukan pemegang remot kontrol partai, apalagi ada Puan Maharani yang tentu saja lebih punya previlege," ujar Burhanuddin.

Meski ketiganya bukan orang yang menentukan di parpol namun peluang untuk maju Pilpres 2024 masih terbuka. Burhanuddin mencatat sejak era Pilpres langsung elektabilitas personal juga jadi faktor penting untuk mendapatkan tiket Pilpres.

"Jadi tidak semata-mata posisi di parpol tapi pertimbangan elektabilitas juga menentukan," imbuhnya.

Namun demikian elektabilitas ketiganya sebetulnya tidak istimewa. Hasil survei Indikator Politik sebelumnya kepada masyarakat umum menunjukkan tidak ada capres yang elektabilitasnya dominan.

"Jadi poin saya adalah dengan elektabilitas Anies, Ganjar dan RK yang tidak terlalu dominan dan nama-nama lain masih bisa membuat kejutan. Saya kira parpol akan wait and see menunggu di antara ketiga nama yang muncul siapa yang memiliki elektabilitas paling tinggi. Kalau elektabilitas mereka terus naik, partai akan mengantre untuk menominasikan mereka," ujarnya.

Berikut hasil survei Indikator Politik :

-Anies Baswedan 15,2 persen
-Ganjar Pranowo 13,7 persen
-Ridwan kamil 10,2 persen
-Sandiaga uno 9,8
-Prabowo Subianto 9,5 persen
-Agus Harimurti Yudhoyono 4,1 persen
-Erick Thohir 1,5 persen
-Tito Karnavian 1,2 persen
-Puan Maharani 1,1 persen
-Gatot Nurmantyo 0,8 persen
-Khofifah Indar Parawansa 0,7 persen
-Maruf Amin 0,4 persen
-Budi Gunawan 0.4 persen
-Bambang Soesatyo 0,4 persen
-Airlangga Hartanto 0,2 persen
-Mahfud Md 0,2 persen
-Muhaimin Iskandar 0,0 persen

Simak juga video 'Survei Indikator: 65,4% Anak Muda Puas Kinerja Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)