Polisi Cirebon Ringkus Dua Pria Pembobol ATM Berbekal Tongsis

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 13:56 WIB
Polisi mengamankan dua pembobol mesin ATM di Cirebon
Polisi mengamankan dua pembobol mesin ATM di Cirebon (Foto: Sudirman Wamad)
Cirebon -

Personel Sat Reskrim Polres Cirebon Kota mengamankan dua pelaku pembobol ATM. Pelaku menggunakan tongkat narsis (tongsis) yang dimodifikasi untuk membobol ATM.

Wakapolres Cirebon Kota Kompol Ali Rais menyebutkan dua pelaku pembobol ATM itu berinisial H dan W. Kedua pelaku menggunakan kartu ATM milik orang lain untuk mengaktifkan mesin. Saat beraksi, kondisi di sekitar ATM yang berada di Jalan Siliwangi Kota Cirebon terbilang sepi.

Ali Rais mengatakan ATM yang digunakan pelaku hanya sebagai pancingan. Pelaku melakukan transaksi senilai Rp 2 juta. Padahal, lanjut dia, saldo ATM kurang dari nominal transaksi.

"Kejadian awal Maret sekitar pukul 18.00 WIB. Saat mesin ATM memproses uang yang hendak diambil, pelaku mematikan aliran listrik dengan mencabut colokan yang ada di belakang mesin," kata Ali Rais dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (18/3/2021).

Ali Rais mengatakan saat kondisi mesin ATM mati dalam kondisi tengah memproses uang transaksi, salah seorang pelaku membuka penutup tempat keluarnya uang di ATM menggunakan tang. Sementara itu, pelaku lainnya memasukkan tongsis yang telah dimodifikasi untuk mengambil uang yang ada di dalam mesin ATM.

"Tongsis dimodifikasi, ujungnya ada dua besi penjepit. Tongsis dimasukan ke lubang keluarnya uang yang dipaksa dibuka menggunakan tang. Pelaku mengambil uang Rp 2 juta menggunakan tongsis dari ATM itu," ucap Ali Rais.

Ali menerangkan aksi kejahatan yang dilakukan pelaku terbilang baru. Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku melakukan aksi yang sama di beberapa daerah, salah satunya di Purwakarta.

"Akibat perbuatannya dua tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara paling lama tujuh tahun," kata Ali Rais.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa empat kartu ATM, satu tongsis yang telah dimodifikasi, tang, obeng dan lainnya.

Tonton juga Video: Minimarket di Sukabumi Dibobol Lewat Atap, Uang ATM-Brankas Raib

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)