Heboh Video Mesum 'Parakan 01', Sejoli yang Terlibat Diminta Lanjut Sekolah

Bahtiar Rifa - detikNews
Selasa, 16 Mar 2021 12:42 WIB
Foto ilustrasi untuk prostitusi artis
Foto: Ilustrasi (Phil McCarten/Getty Images).
Serang -

Dua anak di bawah umur yang ada di video viral dengan latar belakang tembok bertulisan 'Parakan 01' diminta untuk tetap melanjutkan pendidikan. Apalagi, keduanya masih memiliki masa depan panjang.

"Kemarin kunjungan bersama, banyak saran dan masukan akhirnya keluarga sepakat untuk tidak dinikahkan, tetap melanjutkan sekolah," kata Camat Jawilan Agus Saepudin dikonfirmasi detikcom di Serang, Banten, (16/3/2021).

Rencananya, keduanya akan dipindahkan ke pondok pesantren di suatu tempat. Keduanya terus didampingi apalagi saat ini masih duduk di tingkat SMP.

Masalah ini memang awalnya disepakati selesai secara kekeluargaan. Termasuk ada kesepakatan kedua keluarga besar untuk menikahkan keduanya. Namun, atas saran Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Polres Serang agar hal itu ditunda dan mempertimbangkan masa depan mereka.

"Memang awalnya dua keluarga musyawarah secara kekeluargaan dan disepakati untuk dinikahkan, diingatkan bahwa dua-duanya sama-sama kelas 2 SMP dan dua-duanya masih punya semangat belajar, kemarin dianjurkan untuk tidak melangsungkan pernikahan," terang camat.

Pemda dalam hal ini P2TP2A tetap akan melakukan konseling psikologis untuk keduanya anak itu. Hari ini, berdasarkan saran kepolisian salah satu korban anak juga menjalani visum di Rumah Sakit dr. Dradjat Prawiranegara Serang (RSDP).

"Kaitan dengan pernikahan dibatalin nggak jadi. Karena sayang semangat belajarnya nanti, kaitan trauma wajar karena anak SMP, insya Allah pendampingan terus-menerus," pungkasnya.

(bri/mso)