Eddy Yoshawirja Jadi Penerima Vaksin Tertua, Ini Kata Dinkes Bandung

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 09 Mar 2021 14:52 WIB
Melihat sosok Eddy Yoshawirja yang menjadi penerima vaksin tertua
Eddy Yoshawirja (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Eddy Yoshawirja menjadi penerima vaksinasi COVID-19 tertua di Indonesia. Dinkes Kota Bandung menjelaskan proses skrining kakek tersebut.

Kadinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, sebelum menjalani vaksinasi, Eddy melakukan konsultasi dengan dokter.

"Bapak tersebut artinya lolos screening karena melalui konsultasi beberapa dokter. Alhamdulillah, semoga sehat selalu," kata Kadinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara via sambungan telepon, Selasa (9/3/2021).

Ahyani mengungkapkan, tidak ada batasan usia untuk lansia yang akan menjalani vaksinasi.

"Syaratnya kan ada dua, satu tidak ada kontra indikasi medis dan yang kedua dia lolos dari kerentaan, artinya masih bugar, tubuhnya masih bisa menerima vaksin," ungkapnya.

Ahyani menyebut, syarat yang akan menjalani vaksinasi bukan dilihat dari umur, melainkan kesehatan orang yang akan menjalani vaksinasi tersebut.

"Syaratnya bukan umur. Tapi tingkat kerentaan itu," sebutnya.

"Saya senang, kalau ada lansia tidak ada kontra indikasi medis dan lolos tidak masuk dari kategori renta, maka mereka harus kita lindungi, karena bagaimanapun fisik beda dengan yang muda," tambahnya.

Ahyani berujar, pihaknya belum melihat kembali data lengkap soal lansia paling tua yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19.

"Tepatnya belum monitor, tapi ada yang 82," pungkasnya.

Diberitahukan sebelumnya, Eddy Yoshawirja menjadi pria tertua di Indonesia yang telah menjalani vaksinasi. Eddy lebih tua 6 bulan dari Siti Rumende Harahap yang sebelumnya disebut penerima vaksin tertua.

(wip/mud)