Jabar Sepekan: Virus B117 di Karawang-Ridwan Kamil Tegas Dukung AHY

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 23:37 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Bandung - Virus Corona jenis baru, B117 ditemukan di Indonesia setelah Satgas COVID-19 memeriksa sejumlah TKI yang berasal dari Arab Saudi pada Februari lalu. Kendati begitu, Kemenkes mengumumkan adanya kasus tersebut pada Maret atau sebulan setelahnya.

Lokasi penyintas B117 kemudian diumumkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang menyatakan jika varian Corona yang berasal dari Inggris itu ditemukan di Karawang.

Dalam pekan yang sama, kasus pamer plat nomor TNI oleh seorang wantia, malah berbuntut panjang. Dari hasil penyelidikan, pemilik mengaku mendapat pelat nomor palsu itu dari hasil membeli. Ia pun dipanggil oleh Denpom TNI untuk ditangani kasusnya.

Lalu apa saja yang terjadi di Jabar dalam sepekan ? berikut ulasannya :

1. Virus Corona B117 Ditemukan di Karawang

Virus Corona B117 ditemukan di Indonesia, tepatnya di Karawang, Jawa Barat. Virus varian baru yang berasal dari Inggris itu menjangkiti dua TKI yang baru pulang dari Arab Saudi.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indoensia, masuk di Karawang kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim unpad utk meneliti UK B117 ini," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil di RSP Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Ridwan mengatakan, per Rabu (3/3/2021) jumlah warga yang terpapar baru dua orang. Saat ini, kedua orang tersebut tengah menjalani isolasi di rumahnya masing-masing.

"Masih diisolasi. Di rumah masing-masing," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Kang Emil menuturkan saat ini pihaknya sudah meminta Dinas Kesehatan untuk berkoordinasi dengan Unpad melakukan penelitian. Hal ini dilakukan guna menentukan langkah yang diambil Pemprov Jabar dalam menghadapi virus ini.

"Kemudian bagaimana treatment kami sudah minta Kadinkes bersama Unpad untuk melakukan kajian. Kalau virus itu datang ke Jawa Barat, bagaimana nasihat buat kami-kami dalam merespons treatment-nya. Apakah sama atau tidak, bagaimana, kita sedang menunggu kajian," tuturnya.

Ia menambahkan pihaknya sudah memerintahkan dilakukan tracing terhadap kontak erat dua orang warga Karawang yang terjangkit virus Corona B117.

Dinkes Karawang mengungkapkan, dua orang yang terpapar B117 adalah perempuan yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

Data disampaikan Dinkes Karawang, dua orang itu inisial M (40), warga Kecamatan Lemah Abang, dan inisial A (45), warga Kecamatan Pedes.

"Untuk (jenis) pekerjaannya, kami tidak tahu jelasnya, yang pasti bekerja sebagai TKI di Arab Saudi," kata Plt Kadinkes Karawang Nanik Jodjana, Rabu (3/3/2021).

Nanik menjelaskan dua TKI yang pulang dari Arab Saudi tersebut tiba di Indonesia berbeda hari dan waktu melalui Bandara Soekarno-Hatta. Keduanya menjalani tes PCR. Hasilnya positif terpapar virus Corona B117.

Pihak berwenang kemudian meminta keduanya menjalani karantina di sebuah hotel di Jakarta. "Setelah dites lagi, hasilnya sudah negatif," kata Nanik.

"Jadi B117 ini kasus pertama di Indonesia, berasal dari UK, Inggris, September 2020. Penyebarannya lebih cepat dibanding Corona di Indonesia," ucap Nanik.

"Tim sedang melacak, mengisolasi tambahan, tracing, testing lagi terhadap kontak erat," Emil menegaskan.

Sebelumnya, Bertepatan dengan peringatan setahun Corona di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono melaporkan temuan 2 kasus mutasi virus Corona B117 asal Inggris di Indonesia. Ini menjadi kasus pertama di Indonesia sejak varian tersebut sejak mewabah di Inggris September 2020.

"Tepat 1 tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," ujarnya dalam acara virtual peringatan 1 tahun pandemi oleh akun YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Wamenkes Dante menyebut, denganditemukannya kasus ini, penangananpandemi di Indonesia akan semakin sulit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5