Upaya Pulihkan Ekonomi, Alumni Universitas di Jabar Gelar JaFest 2021

Yudha Maulana - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 22:08 WIB
IKA alumni universitas di Jabar menggelar JaFest 2021
IKA alumni universitas di Jabar menggelar JaFest 2021 (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Ikatan Alumni dari berbagai universitas yang berada di Jawa Barat berkolaborasi menggelar Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021. JaFest dihelat sebagai salah satu langkah strategis melestarikan budaya dan memulihkan ekonomi yang terpuruk akibat COVID-19.

Diinisiasi oleh IKA UNPAD, IA-ITB, ILUNI UNI dan HA IPB, JaFest akan mengakomodir para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM serta pariwisata dengan melibatkan unsur budaya. Acara ini akan digelar pada 20 - 24 Maret 2021 dengan sarana virtual dari berbagai daerah di Jabar.

"JaFest akan mengusung beberapa daerah dengan potensi budaya, ekonomi kreatif dan pariwisata seperti Bandung Raya, Bogor Raya, Garut, Cirebon dan Depok," ucap Ketua Umum IKA UNPAD, Irawati Hermawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (7/3).

Rencananya, event ini digelar dari berbagai wilayah di Jabar seperti Garut, Bandung dan Cirebon. Tiap tempat akan memiliki tema dan rangkaian acara yang berbeda.

Garut akan mengusung acara peninjauan desa wisata di beberapa wilayah di Garut, sementara Cirebon akan mengusung kegiatan dialog peradaban yang akan dilakukan di Kereta Wisata dari Bandung ke Cirebon, yang juga akan disiarkan secara luas melalui platform digital.

Untuk merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif dan UMKM, expo virtual akan diramaikan oleh 500 pelaku ekonomi kreatif, start up dan UMKM.

"Kami sudah mengkurasi sekitar 500 pelaku ekonomi kreatif, UMKM, start up. Nantinya yang akan kita tampilkan secara digital dalam digital platform. Kami berharap ada transaksi ekonomi Rp 5-10 miliar sepanjang acara berlangsung," kata ucapnya.

Irawati mengatakan, event ini berasal dari kegundahan para alumni karena dampakpandemiCOVID-19 ini masih berlarut-larut ke berbagai sektor perekonomian. "Padahal kita harus terus bergerak, kita harus terus memikirkan untuk memulihkan ekonomi,"ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2