Timbulkan Kerumunan, Kontes Kicau Burung di Cianjur Dibubarkan Polisi

Ismet Slamet - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 21:42 WIB
Lomba kicau burung di Cianjur dibubarkan akibat menimbulkan kerumunan
Kontes kicau burung di Cianjur dibubarkan akibat menimbulkan kerumunan (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Polisi bubarkan kontes kicau burung di Cianjur, Minggu (7/3/2021) sore. Kegiatan tersebut diduga ilegal atau tanpa izin dan melanggar protokol kesehatan lantaran menimbulkan kerumunan.

Pantauan detik.com sekitar pukul 16.00 Wib, terlihat ratusan orang berkumpul dalam kegiatan yang digelar mulai pukul 10.00 WIB.

Ratusan orang yang mengikuti kontes kicau burung itu tidak hanya berasal dari Cianjur, tapi juga diikuti peserta dari luar kota, mulai dari Bandung, Bogor, Purwakarta, hingga Sukabumi.
Kontes kicau burung yang digelar di Pendopo Tumaritis Jalan Pangeran Hidayatullah tersebut dibubarkan polisi sekitar pukul 16.30 WIB.

"Ada laporan dari masyarakat jika terjadi kerumunan karena adanya kontes. Kami langsung cek ke lapangan dan kegiatannya dibubarkan," ujar Kasatreskrim Polres Cianjur AKP Anton, saat ditemui usai pembubaran, Minggu (7/3/2021).

Menurutnya agenda tersebut tidak mengantongi izin dan melanggar protokol kesehatan lantaran menimbulkan kerumunan.

"Terjadi kerumunan, dan setelah panitianya dimintain keterangan didapati jika mereka tidak memiliki izin," tuturnya.

Anton mengatakan tidak hanya dibubarkan, panitia juga akan dimintai keterangan lebih lanjut. "Termasuk yang punya tempat juga kami akan periksa di Mapolres Cianjur," kata dia.

Anton menegaskan segala aktivitas yang menimbulkan kerumunan ataupun pelanggaran protokol kesehatan akan ditindak oleh pihak kepolisian.

"Kami akan tindaklanjuti tegas. Kami tidak melarang, hanya silakan patuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

(mud/mud)