Setelah Cellica, Kini Desy Ratnasari Disebut Akan Ramailkan Pilgub Jabar 2023

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 16:28 WIB
Artis Desy Ratnasari resmi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Jawa Barat. Dia terpilih untuk menggantikan Ahmad Najib.
Foto: Wisma Putra
Bandung -

Sejumlah nama mencuat dan digadang-gadang akan ikut dalam konstetasi Pilgub Jabar pada 2023. Dua kader Demokrat potensial yaitu Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana dan Anggota DPR RI Dede Yusuf diramaikan dicalonkan di Pilgub Jabar oleh parpol yang kini tengah kisruh internal itu. Selanjutnya, Ketua DPW PAN Jabar Desy Ratnasari juga disebut siap maju.

"Saya itu sebenarnya lagi nunggu pinangan untuk calon suami loh. Kalau saya mah sebagai kader tentu harus siap ya (maju di Pilgub Jabar). Karena kan pada akhirnya apapun yang diputuskan oleh partai dalam hal ini ketua umum dan bersama ketua umum lainnya yang akan berkolaborasi dengan PAN tentunya kita harus siap," ujar Desy usai bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat (5/3) kemarin.

Desy mengaku siap bila maju untuk Pilgub Jabar. Terkait calon pasangan di kontestasi politik, Desy menyerahkan ke pada partai.

"Kasarna mah cocok teu cocok kudu dicocokkeun kitu nya (kasarnya, cocok nggak cocok harus dicocokan gitu ya). Bagaimana caranya kita berfikir bisa berkolaborasi. Tentunya sebagai kader kita harus siap," tutur Desy.

"Kecuali kalau misalnya dipilih urusan pribadi baru itu mah saya harus 'ieu mah teu cocok, ieu cocok' nah itu bisa. Kalau dalam urusan pekerjaan sebagai kader siapapun yang akan dipasangkan oleh partai kita harus siap," kata dia menambahkan.

Kendati demikian, anggota DPR RI ini belum mau terlalu fokus untuk Pilgub. Desy menuturkan saat ini tugasnya sebagai anggota DPR RI akan fokus lebih dulu di legislatif.

"Tapi yang jelas sebagai kader PAN saat ini kami harus fokus mempertahankan kursi di dapil kami di Jabar 4 kabupaten kota Sukabumi untuk perolehan ataupun pemilihan legislator di Pileg 2024 itu paling utama. Karena undang-undang pemilu kan tidak berubah, tentunya ini menjadi fokus utama kami," tutur dia.

Sebelumnya Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief menyebutkan sederet nama kadernya yang disiapkan untuk bertarung di ajang Pilgub Jabar 2023. Melalui akun Twitter-nya @Andiarief__ ia mencuitkan sembilan nama.

Berikut daftar nama kader internal Partai Demokrat yang sedang dipersiapkan menjelang Pilgub Jabar:

1. Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang)
2. Dede Yusuf (Anggota DPR dari Fraksi PD)
3. Herman Khaeron (Anggota DPR dari Fraksi PD, Ketua BPOKK Demokrat)
4. Nashrudin Azis (Wali Kota Cirebon)
5. Mohamad Muraz (Anggota DPR dari Fraksi PD)
6. Anton S Surrato Anggota DPR dari Fraksi PD)
7. Erwan Setiawan (Wakil Bupati Sumedang)
8. Agung B Santoso (Anggota DPR dari Fraksi PD)
9. Irfan Suryanagara (Ketua DPD Jabar)

Simak juga 'Artis Desy Ratnasari Resmi Jadi Ketua DPW PAN Jawa Barat':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/ern)