Cegah Corona B117, Disnaker Jabar Dorong Pengawasan Ketat Pekerja Migran

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 13:47 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Ilustrasi virus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Bandung -

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar akan mendorong pengetatan pengawasan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Indonesia. Hal itu dilakukan untuk melakukan monitoring dan penelusuran andaikata ada PMI yang terpapar varian baru virus Corona B117.

"Memang kepulangan PMI itu berbeda dengan sebelum COVID-19, nah sekarang di bandara itu kalau dulu kan di bandara ada pos PMI yang dilakukan BP2MI. Tugasnya kalau secara prosedural itu sama-sama menjemput dengan perusahaan penempatan," kata Kadisnakertrans Jabar Taufik Garsadi saat dihubungi detikcom, Kamis (4/3/2021).

Kondisi saat ini, kata Taufik, PMI yang tiba di Indonesia akan langsung diperiksa oleh Satgas COVID-19. Bila hasilnya positif COVID-19, PMI yang bersangkutan akan langsung diisolasi/dirawat di wisma atau hotel tanpa pemberitahuan lanjutan ke BP2MI atau dinas.

"Nah kalau sekarang ada yang positif, dia datang kemudian dicek oleh Satgas, kalau positif langsung ditempatkan di wisma atau hotel. Kalau yang negatif sama BP2MI akan diantarkan ke rumah, kalau yang masuk ke wisma (karena positif), itu ada di bawah Satgas. Jadi kita tidak punya kontak untuk penelusuran lagi," tutur Taufik melanjutkan.

Hal itu, ujar Taufik, terjadi ketika ada dua warga Kabupaten Karawang yang terpapar B117 sepulang dari Arab Saudi. "Kejadian di Karawang, setelah dirawat dan hasilnya negatif, langsung pulang. Kita sedang koordinasikan hal ini dengan BP2MI, itu yang menjadi kesulitan kita," katanya.

Pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan BP2Mi dan asosiasi PMI di Jabar untuk melakukan pendataan dan pengawasan.

"Berbagai cara kita lakukan baik melalui BP2MI, perusahaan penempatan dan teman-teman dari asosiasi, karena mereka biasanya lebih update. Saat ada PMI yang pulang mereka melapor misal di grup WA, informasi ini biasanya didapatkan lebih cepat oleh teman-teman di asosiasi, tapi kemarin kita tidak mendapatkan berita soal kepulangan PMI dari Arab Saudi kemarin," ujar Taufik.

Simak Video: Jurus Ganjar Pranowo Cegah Corona B117 Masuk Jateng

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2