Puting Beliung Terjang Dua Kecamatan di Bogor, 88 Rumah Warga Rusak

M. Sholihin - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 10:32 WIB
Rumah warga di Bogor rusak akibat diterjang puting beliung.
Foto: Rumah warga rusak diterjang puting beliung (Istimewa/relawan Bogor).
Bogor -

Bencana angin peting beliung menerjang kawasan Megamendung dan Babakanmadang, Kabupaten Bogor. 80 rumah warga rusak akibat kejadian itu.

"Ada dua lokasi kejadian bencana puting beliung, pertama di Kecamatan Megamendung dan kedua Kecamatan Babakanmadang, Kejadiannya kemarin sore. Total kerusakan sementara terdata ada 88 rumah, baik rusak ringan, rusak sedang dan rusak parah," kata Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Muhamad Adam, Kamis (4/3/2021).

Adam menyebut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun beberapa orang terpaksa diungsikan karena tempat tinggalnya tidak bisa lagi dihuni.

"Korban jiwa, Alhamdulillah tidak ada. Cuma kerusakan bangunan dan beberapa warga diungsikan," kata Adam.

Adam merinci, ada 63 bangunan rumah dan pesantren yang terdampak puting beliung di Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung dan belasan orang terpaksa diungsikan karena rumahnya tidak bisa ditempati.

"Ada satu pesantren yang terdampak, kerusakannya sedang. Secara keseluruhan ada sekitar 13 orang diungsikan," beber Adam.

Sementara itu, peristiwa angin puting beliung di Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor mengakibatkan banyak pohon tumbang dan beberapa diantaranya menimpa rumah warga.

"Sementara kejadian angin puting di Babakanmadang berdampak kerusakan terhadap 5 bangunan, itu rumah semua, beberapa menimpa rumah. Kategori kerusakannya, rusak ringan dan sedang," tambah Adam.

Simak juga 'Detik-detik Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga di Lumajang':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)