Kronologi Terungkapnya TKI Asal Karawang Terpapar Corona B117

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Rabu, 03 Mar 2021 16:17 WIB
Yellow SARS-CoV-2 lineage B.1.1.7 mutation virus tape barrier beyond a quarantine point.
Ilustrasi virus Corona B117. (Foto: Getty Images/iStockphoto/serts)
Karawang -

Dua warga Karawang sempat terpapar virus Corona B117. Kini kedua perempuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Arab Saudi dinyatakan negatif.

Dinkes Karawang menyampaikan kronologi terungkapnya dua TKI inisial M (40) dan A (45) terjangkit varian baru virus Corona tersebut.

Berikut kronologi yang disampaikan Dinkes Karawang:

28 Januari 2021

Plt Kadinkes Karawang Nanik Jodjana mengatakan pihaknya mendapatkan kabar dari Kemenkes pada 28 Januari soal adanya 49 penumpang tiba di Bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Qatar Airways. Para penumpang itu menjalani tes PCR di bandara.

Hasilnya, ditemukan tujuh penumpang positif COVID-19. "Dari 49 penumpangnya, ditemukan tujuh yang positif. Terdiri tiga orang dari Karawang, dua orang dari Cianjur, satu dari Kota Bekasi, dan 1 dari Sukabumi," kata Nanik, Rabu (3/3/2021).

Setelah itu, kata dia, dari hasil tes dilakukan oleh Litbangkes, terungkap bahwa satu warga Karawang yang TKI itu positif terpapar virus Corona B117. "Jadi setelah hasil Litbangkes, hanya ada satu penumpang, yang kebetulan asal Karawang terpapar virus Corona B117," tutur Nanik.

Lihat Video "Ridwan Kamil: Varian Baru Corona B117 Ditemukan di Karawang!":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2