Kabiro Organisasi Jabar Ditunjuk Jadi Plh Bupati Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 01 Mar 2021 17:36 WIB
Plh Bupati Bandung
Foto: Plh Bupati Bandung Asep Sukmana (kanan). (Muhammad Iqbal/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Kepala Biro Organisasi Setda Jabar Asep Sukmana ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bandung. Dia akan memimpin Kabupaten Bandung untuk sementara waktu hingga bupati dan wakil bupati definitif dilantik.

"Sebagaimana saya sampaikan tadi, saya akan mendengarkan dulu. Banyak yang harus kita selesaikan," ujar Asep usai sartijab di Bale Winaya, Komplek Pemkab Bandung, Senin (1/3/2021).

Asep menjelaskan ada sejumlah pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Di mana, saat ini setiap pemerintahan tengah menyusun perencanaan untuk tahun 2022.

"Saya juga harus segera berkoordinasi dengan OPD lainnya. Karena kita kan sudah masuk proses perencanaan tahun 2022," lanjutnya.

Selain itu, Pemkab Bandung harus segera me-refocusing anggaran. Ia menyebutkan, pemerintah akan memfokuskan pada penggunaan anggaran dan refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19.

"Terkait Covid ini ada tiga, zonasi, vaksin dan pemulihan ekonomi. Teknisnya saya akan mendengarkan dari OPD," pungkasnya.

Di sisi lain, mantan Plh Bupati dan Pj Sekda Tisna Umaran mengatakan, Asep Sukmana baru saja dilantik menjadi PJ Sekda Kabupaten Bandung di Gedung Satu, Kota Bandung. Secara otomatis, kata Tisna, Asep pun menjabat sebagai Plh Bupati sebagaimana yang dialaminya.

"Jadi selain PJ Sekda, beliau juga langsung otomatis menjadi Plh Bupati. Seperti kemarin saya jalani," ujar Tisna.

Sekadar diketahui, jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bandung belum dapat dipastikan kapan akan terisi. Hal tersebut dikarenakan masih adanya sengketa Pilkada Kabupaten Bandung di Mahkamah Konstitusi.

(mso/mso)