Ingat, Hari Ini Mulai Jam 9 Berlaku Lagi Ganjil Genap Kota Bogor

M Sholihin - detikNews
Sabtu, 20 Feb 2021 08:50 WIB
Ganjil genap di kota bogor
Foto: M Sholihin
Kota Bogor -

Aturan ganjil genap kembali diberlakukan di Kota Bogor mulai hari ini, Sabtu (20/2/2021). Sesuai tanggal, maka kendaraan bernopol ganjil dilarang melintas Kota Bogor selama ganjil genap diberlakukan.

Ada yang berbeda dalam pemberlakuan ganjil genap di akhir pekan ini. Jika sebelumnya ganjil genap diberlalukan selama 24 jam, maka akhir pekan ini ganjil genap berlaku hanya selama 9 jam. Dimulai pukul 09:00 WIB - 18:00 WIB. Namun sanksi denda tetap diberlakukan terhadap pelanggar ganjil genap Kota Bogor.

"Kami menyepakati tadi ganjil genap Insya Allah akan dilanjutkan pada Sabtu dan Minggu. Tetapi jam pemberlakuannya dibatasi dari jam 9 pagi hingga pukul 18:00 WIB atau jam 6 sore," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Selasa (16/2/2021) lalu.

Pembatasan pemberlakuan ganjil genap, kata Bima, dilakukan setelah melihat dampak negatif ganjil genap terhadap sektor ekonomi, terutama pelaku UKM dan pedagang yang memulai usaha di sore dan malam hari.

"Artinya (pembatasan pemberlakuan ganjil genap), memungkinkan untuk aktivitas ekonomi dibuka secara bertahap. Yang lain-lain masih sama, jam operasional masih sama (sampai jam 21:00 WIB," sambung Bima.

6 Titik sekat yang berfungsi untuk memutar balik kendaraan yang nopolnya tidak sesuai dengan tanggal pemberlakuan ganjil genap, juga tetap disebar di setiap akses masuk menuju Kota Bogor. Untuk pengawasan di dalam kota, petugas juga membangun 5 check point untuk melakukan penindakam terhadap para pelanggar ganjil genap.

Selain itu, Pemkot Bogor yang bekerjasama dengan TNI dan Polresta Bogor Kota membentuk tim crowed free road, yang berfungsi melakukan penyekatan-penyekatan jalur jika ditemui titik-titik keramaian dan kemacetan.

"Kami masih menggunakan pola seperti kemarin, ada 6 titik sekat, 5 check point dan 1 tim crowed free road. Setiap dua jam kami evaluasi. Apakah ada kebocoran dan seterusnya, apakah ada titik yang tidak efektif dan sebagainya, ya tentunya kami akan lakukan evaluasi-evaluasi," kata Kapolresta Bogor Kota, Susatyo Purnomo Condro.

Aturan Ganjil genap diberlakukan sebagai upaya Pemkot Bogor dan Forkopimda Kota Bogor untuk mengurangi mobilitas warga dan menurunkan angka penyebaran COVID-19. Ganjil genap tidak hanya berlaku untuk warga luar Kota Bogor, tetapi untuk semua.

Aturan ganjil genap ini juga tidak berlaku untuk orang-orang dengan tujuan produktif dan mendesak. Aturan ini juga tidak berlaku untuk ojek dan taksi online serta kendaraan prioritas seperti ambulan, pemadam kebakaran, pengantar orang sakit dan kendaraan pemerintah yang melakukan kedinasan.

Lihat juga Video: Langgar Ganjil-Genap Bogor, Pengendara Moge Didenda Rp 250 Ribu

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)