PPKM Mikro, Bupati Bandung Minta Warga Disiplin

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 20:45 WIB
Bupati Bandung Dadang M Naser
Foto: Bupati Bandung Dadang M Naser (Wisma Putra/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengharuskan semua desa mengikuti Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Setiap desa harus lebih waspada daripada merasa paling aman.

Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Mendagri telah menginstruksikan agar setiap daerah melakukan PPKM Mikro. PPKM Mikro akan dilakukan pada 9-22 Februari 2021.

Dadang menginstruksikan agar 10 kelurahan dan 270 desa harus ikut serta dalam penerapan PPKM Mikro. Hal itu dilakukan demi menekan penyebaran COVID-19.

"Seluruh desa harus mengikuti PPKM Mikro. Jangan merasa aman. Covid ada di mana-mana, terutama oleh OTG," tegas Dadang saat ditemui wartawan di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (8/2/2021).

Dadang menilai, adanya PPKM Mikro akan menguatkan penanganan COVID-19 di tingkat desa. Pasalnya, sempat ada beberapa program penanganan COVID-19 di Kabupaten Bandung khususnya di desa.

"Desa sendiri sudah menjalankan bagaimana menangani dampak (penularan) Covid, yang harus dihindarkan adalah dampak kesehatannya," kata Dadang.

"Program dulu Polda punya desa tangguh COVID, kemudian dilanjutkan Mendagri desa aman COVID. Jadi kita sudah aplikasikan dengan anggaran desa khusus COVID," lanjutnya.

Meski demikian, ia mengingatkan agar setiap masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Ia meminta agar masyarakat dapat sejalan dengan program pemerintah demi menvegah penularan COVID-19.

"Namun catatannya tadi, masyarakat harus disiplin, sejalan dengan pemerintah pusat dan daerah," ungkapnya.

Sekadar diketahui, per tanggal 6 Februari 2021, kasus positif di Kabupaten Bandung mencapai 7.471 kasus. Dari total kasus, ada 1.578 kasus aktif, 5.733 kasus sembuh dan 160 dinyatakan meninggal dunia.

(mso/mso)