Ikut Arahan Ridwan Kamil, Bupati Bandung Barat Minta Warga di Rumah Aja

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 16:10 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Foto: Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengaku bakal mengikuti arahan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil soal penerapan kebijakan akhir pekan di rumah saja.

Sekadar diketahui, Ridwan Kamil menyatakan bahwa Provinsi Jawa Barat bakal menerapkan kebijakan akhir pekan di rumah saja pada 6 dan 7 Februari. Hal itu sebagai upaya menekan mobilitas penduduk di tengah pandemi COVID-19.

"Kalau Pak Gubernur bicara seperti itu (akhir pekan di rumah saja) ya kita akan ikuti pelaksanaannya. Masyarakat di rumah saja," ungkap Umbara saat dihubungi detikcom, Jumat (5/2/2021).

Selama menjalani libur akhir pekan di rumah untuk menekan mobilitas dan kasus COVID-19, Umbara menyarankan warga untuk menghibur diri dengan menonton.

"Iya di rumah saja, kan berlibur bisa berkegiatan di rumah. Bisa nonton tv, apalagi kalau di kampung kan bisa menyegarkan diri dengan lihat pepohonan kan gitu," jelasnya.

Tal cuma soal libur akhir pekan saja, Umbara juga meminta masyarakat tetap berada di rumah saat ada hari libur lainnya seperti libur Imlek yang akan datang.

"Untuk libur Imlek sama saja. Intinya kalau libur akhir pekan atau libur apapun lebih baik di rumah saja menghindari COVID-19," tegasnya.

Serupa dengan Bandung Barat, Kota Cimahi juga bakal memberlakukan kebijakan akhir pekan di rumah saja. "Kita akan ikuti arahan Gubernur Jawa Barat, termasuk soal karantina wilayah terbatas," kata Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana.

Kabupaten Bandung Barat dengan segala keindahan alamnya menjadi tujuan utama wisatawan menghabiskan liburan setiap akhir pekan maupun libur panjang.

Namun sejak pandemi COVID-19, kunjungan wisatawan ke kawasan wisata di KBB cenderung mengalami penurunan yang dikeluhkan pengelola wisata.

Beberapa kebijakan pemerintah yang berdampak pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Bandung Barat di antaranya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB Proporsional, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), lalu Jabar akhir pekan di rumah saja.

Tonton juga Video: Ridwan Kamil Ungkap Penyebab Kasus Covid-19 di Jabar Melonjak

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)