Vaksinasi COVID-19, Walkot Sukabumi: Tidak Perlu Takut

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 13:11 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi jalani vaksinasi COVID-19.
Foto: Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi jalani vaksinasi COVID-19 (Istimewa).
Sukabumi - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menjadi orang pertama yang menerima vaksinasi COVID-19 di Kota Sukabumi. Selain Fahmi terlihat juga Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami bersama unsur Forkopimda lainnya.

Kegiatan yang sekaligus pencanganan vaksinasi COVID-19 itu digelar di Balai Kota Sukabumi, Kamis (28/1/2020). Terlihat hadir Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi Sukabumi Mustaming.

Usai menjalani vaksinasi COVID-19, Fachmi mengaku tidak merasakan apapun. Menurutnya suntik vaksin tidak jauh beda ketika disuntik biasa.

"Bagaimana telah disaksikan, kami telah melaksanakan proses vaksinasi, saya, pak wakil, yang mewakili Pak Dandim yang mewakili Pak Kajari Kota Sukabumi, kemudian Ibu Kapolres Sukabumi Kota semua telah melaksanakan proses. Kita menunggu proses kedua setelah 14 hari setelah ini. (Rasanya di suntik) biasa saja seperti biasa seperti disuntik lainnya," ungkap Fahmi kepada awak media.

Fahmi menjelaskan pada pencangana vaksinasi COVID-19 ini Dandim 0607 Kota Sukabumi dan Kajari Kota Sukabumi Mustaming tidak ikut disuntik vaksin.

"Vaksin ini ditujukan untuk masyarakat Kota Sukabumi yang memenuhi syarat dan kriteria. Dandim tidak memenuhi syarat karena (statusnya) penyintas, pak Kajari tidak memenuhi syarat. (Vaksin) akan diberikan kepada masyarakat yang memenuhi syarat. (Untuk) nakes akan dibagi beberapa waktu ke depan, di 24 titik. Puskesmas-Puskesmas yang sudah disiapkan," jelasnya.

Fahmi juga meyakinkan masyarakat, pemberian vaksin merupakan salah satu ikhtiar memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Ia meminta warga tidak cemas dengan pemberian vaksin COVID-19 tersebut.

"Tidak perlu takut, khawatir dan resah dengan proses vaksin ini. Ini salah satu ikhtiar terbaik yang dicanangkan oleh pemerintah mari sama sama ikuti proses vaksin ini secara bertahap dan Insya Allah vaksin ini dinyatakan suci aman dan halal," ujarnya. (sya/mso)