Terima 3.920 Vaksin COVID-19, Purwakarta Gelar Vaksinasi Awal Februari

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 14:55 WIB
Vaksin COVID-19 Tiba di Purwakarta
Vaksin COVID-19 tiba di Purwakarta. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Purwakarta -

Pemkab Purwakarta menerima 3.920 vaksin COVID-19. Vaksin dikirim dari Bandung ke Purwakarta dengan pengawalan ketat polisi.

Vaksin tersebut disimpan di sebuah ruangan khusus di kantor Dinas Kesehatan Purwakarta yang di dalamnya terdapat boks pendingin untuk menjaga keamanan dan kualitas vaksin. Tahap pertama ini, Kabupaten Purwakarta mendapat jatah vaksin sebanyak 3.920 dosis vaksin.

Sebanyak 3.500 dosis vaksin itu diprioritaskan untuk tenaga medis, sedangkan sisanya 420 akan diberikan kepada pejabat publik, tokoh masyarakat, dan PNS yang bekerja di bagian pelayanan. "Tadi menerima vaksin sebanyak 3.920. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung awal Februari 2021 setelah petugas kesehatan," ujar Ketua harian Satgas COVID-19 Kabupaten Purwakarta Iyus Permana.

Distribusi vaksin COVID-19 ke puskesmas akan dilakukan pada minggu terakhir Januari ini. "Ada 20 puskesmas yang disiapkan," kata Iyus

Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta Deni Darmawan mengatakan vaksin COVID-19 ini akan disalurkan ke 20 puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih.

Adapun mekanisme vaksinasi di Purwakarta, menurut Deni, tahap awal diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan (nakes). Nama-nama para nakes yang mendapatkan suntik vaksin COVID-19 telah terdata di sistem informasi sumber daya kesehatan yang dimiliki Dinkes Purwakarta.

"Para penerima ini akan mendapatkan pemberitahuan lewat SMS dan memintanya registrasi ulang dengan memasukkan NIK. Mereka memilih tempat, juga jamnya," ujar Deni.

(bbn/bbn)