BMKG Ungkap Skenario Sesar Lembang, Cimahi dan Bandung Paling Terdampak

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 14:37 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
(Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Bandung Barat -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mewaspadai pergerakan bersamaan tiga segmen Sesar Lembang menimbulkan gempa bumi bermagnitudo hingga 6,8.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Datin) BMKG Bandung Rasmid mengatakan tiga daerah terutama Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Bandung Barat, bakal mengalami dampaknya.

"Kita waspadai dampak apabila tiga segmen sesar ini bergerak bersamaan, otomatis di sekitar dan sepanjang garis sesar akan mengalami kerusakan apalagi ini kan gempa dangkal," kata Rasmid kepada detikcom, Rabu (27/1/2021).

Namun Rasmid menjelaskan jika Bandung dam Cimahi menjadi daerah yang paling terdampak Sesar Lembang karena lokasinya berada di cekungan.

"Kalau Lembang itu batuan keras, jadi getarannya sebentar. Yang mengalami efek itu Bandung dan Cimahi karena posisinya cekungan. Belum lagi batuannya itu belum termanfaatkan, jadi efek ke bangunan akan sangat besar ketimbang sumbernya di Lembang," jelasnya.

Menurut riset yang dilakukan oleh ITB dan Jepang, skenario getaran gempa akibat pergerakan Sesar Lembang di cekungan Bandung bakal terasa sembilan kali lebih lama ketimbang di sumbernya.

"Kalau di Lembang getarannya tidak selama yang terjadi di cekungan Bandung. Makanya yang patut diwaspadai itu dampak di Kota Bandung dan Cimahi. Tapi memang kalau getaran bakal terasa di KBB, Cimahi, dan Kota Bandung," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2