Belum Diresmikan, Fasilitas di Taman Kota Kuningan Mulai Rusak

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 19:04 WIB
Fasilitas taman kota Kuningan sudah rusak padahal belum diresmikan
Fasilitas taman kota Kuningan sudah rusak padahal belum diresmikan (Foto: Bima Bagaskara)
Kuningan -

Kerusakan mulai terlihat di sejumlah titik di Kawasan Taman Kota Kuningan. Padahal proses revitalisasi kawasan tersebut belum selesai. Selain tiang lampu taman yang ditemukan roboh, aspal di jalanan Taman Kota Kuningan juga terlihat mulai mengelupas.

Kerusakan tersebut ditemukan setelah Komisi III DPRD Kabupaten Kuningan menggelar sidak ke lokasi Taman Kota Kuningan pada Selasa (26/1/2021).

"Padahal ini belum diresmikan tapi sudah rusak-rusak begini. Saya minta pihak terkait Dinas PUTR dan Pak Bupati untuk menangani ini secara serius," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kuningan Dede Sudrajat seusai sidak.

Menurutnya dengan anggaran revitalisasi yang mencapai Rp 14 miliar tidak seharusnya kualitas pembangunan infrastruktur di Taman Kota Kuningan mudah rusak.

Ia pun meminta keamanan dan kenyamanan warga saat berkunjung ke Taman Kota Kuningan menjadi prioritas. "Apalagi anggaran yang dihabiskan untuk revitalisasi ini mencapai Rp 14 miliar dari Pemprov Jabar. Jangan sampai kenyamanan warga dikesampingkan," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUTR Asep Abdul Mukti menjelaskan revitalisasi Taman Kota Kuningan masih dalam tahap pemeliharaan. Jadi kerusakan yang ada masih jadi tanggung jawab pengembang.

"Masih tahap pemeliharaan selama enam bulan ke depan jadi nanti akan diperbaiki oleh pihak ketiga karena sudah tanggung jawab mereka," ungkap.

Menurutnya revitalisasi Taman Kota Kuningan akan dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap pertama ini kata Asep menghabiskan anggaran Rp 14 miliar, sedangkan di tahap kedua nanti anggaran yang disiapkan mencapai Rp 10 miliar.

"Tahap kedua untuk pembangunan sarana prasarana seperti food court, taman anak dan penataan masjid, semuanya anggaran dari provinsi," pungkas Asep.

(mud/mud)