PPKM Tangerang Raya, Satgas COVID-19 Banten: Perlu Tegakan Disiplin Prokes

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 09:16 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Serang -

Jubir Satgas COVID-19 Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menilai perlu ada peningkatan dan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan di PPKM Tangerang Raya. Fasilitas umum perlu diawasi oleh petugas masing-masing daerah agar warga tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Perlu penegakan disiplin prokes di semua fasilitas dan tempat-tempat agar dapat kembali meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat," kata Ati kepada wartawan di Serang, Selasa (26/1/2021).

Pemkab dan Pemkot di Tangerang Raya juga perlu meningkatkan peran satgas di level RT/RW untuk mengontrol mobilisasi masyarakat dan kepatuhannya terhadap protokol kesehatan. Bahkan di tingkat desa atau kelurahan, peran dasawisma yang terdiri dari kelompok ibu-ibu dan kepala keluarga harus ditingkatkan agar tidak ada klaster keluarga.

Ati membeberkan klaster keluarga adalah yang paling banyak menyumbang angka positif pada Senin (25/1) kemarin. Makanya, penambahan jumlah pasien mencapai 525 orang dan jadi penambahan terbanyak selama ini di Provinsi Banten.

Ia menilai, setahun sejak pandemi mewabah, warga semakin mafhum tentang bahaya virus Corona. Tapi tingkat pemahaman ini justru tidak sebanding dengan upaya mereka menjaga diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

"Namun ini tidak diimbangi dengan kesadaran penggunaan protokol kesehatan dalam aktivitasnya," ujarnya.

Simak juga video '5 Februari, GeNose akan Dipasang di Stasiun-Terminal untuk Tes Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/mso)