Longsor di Majalengka, Akses Jalan Nasional Sempat Terputus

Bima Bagaskara - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 09:33 WIB
Longsor di majalengka
Foto: istimewa
Majalengka -

Bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada Jumat (22/1/2021) pukul 18.00 WIB. Longsor yang terjadi di Desa Cipadung, Kecamatan Cikijing, Majalengka ini mengakibatkan jalan nasional penghubung Majalengka-Kuningan sempat terputus.

Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Majalengka Indrayanto mengatakan hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Majalengka malam tadi membuat tebing yang berada di sisi jalan longsor.

"Hujan intensitas lebat di wilayah Cikijing dan Darma menyebabkan tebing longsor menutup akses jalan Kuningan - Cikijing," kata Indrayanto saat dikonfirmasi detikcom Sabtu (23/1/2021).

Menurutnya longsor itu membuat material tanah dan bebatuan setebal 30 centimeter menutupi ruas jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.
"Timbunan sekitar 30 centimeter, menutup akses jalan Kuningan - Cikijing sehingga tidak bisa di lalui kendaraan roda dan empat," lanjutnya.

Namun saat ini, kata dia, material longsoran di lokasi telah dibersihkan tim BPBD Majalengka yang dibantu anggota TNI Polri dan masyarakat, termasuk personel BPBD dari Kuningan. Kendaraan roda dua dan roda empat pun saat ini sudah bisa melalui jalur tersebut.

"Sudah bisa dilalui kendaraan namun memang masih licin jalannya. Sedang diupayakan penyemprotan untuk membersihkan sisa lumpur," pungkasnya.

Simak video 'Detik-detik Jembatan di Cianjur Ambruk Karena Longsor':

[Gambas:Video 20detik]



(ern/ern)