Mayoritas Korban Banjir Bandang Karyawan Perkebunan Teh Gunung Mas Bogor

M Solihin - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 20:30 WIB
Pengungsi korban banjir bandang gunung mas Bogor
Pengungsi korban banjir bandang gunung mas Bogor (Foto: M Solihin)
Bogor -

Ratusan warga di Kampung Gunung Mas yang mengungsi akibat banjir bandang yang terjadi pada Selasa (19/1/2021) merupakan karyawan dan keluarga karyawan yang menempati rumah dinas pegawai di Gunung Mas. Saat ini, sebagian warga mengungsi dan ditempatkan di penginapan-penginapan yang ada di lokasi wisata agro gunung mas.

"Warga yang diungsikan adalah kebanyakan karyawan karena mereka menempati rumah dinas bersama keluarga mereka. Sekarang mereka sudah diungsikan sementara," kata pengelola Agro Wisata Gunung Dedi Ruswandi, Selasa (19/1/2021).

Saat ini, kata Dedi, ada 174 pengungsi yang ditempatkan di fasilitas penginapan milik agro wisata Gunung Mas.

" Kita sudah tempatkan warga di tempat2 yang sudah ditentukan, tempatnya yang disebutkan tadi, di lokasi yang aman karena khawatir terjadi banjir bandang susulan. Kami gunakan fasilitas penginapan, ada 21 pondokan, 10 wisma dan 3 bungalow," sebutnya.

"Tetapi tidak semua warga yang menempati tempat2 yang kita sediakan, karena ada sebagian dari mereka ke rumah saudaranya di sekitar sini di luar gunung mas," tambanya Dedi.

Dedi menyebut, banjir bandang yang terjadi tadi pagi merupakan kejadian yang pertama kalinya. Banjir bandang ini terjadi akibat material longsor yang terjadi bulan lalu dan menyumbat aliran Sungai Cisampay.

"Banjir bandang ini yang pertama kali terjadi, banjir bandang ini sebenarnya berasal dari pusat titik longsoran di Curug Cisampay, karena satu bulan lalu ada longsoran-longsoran yang menyumbat aliran Sungai Cisampay. Kemudian terjadi lagi hujan dengan intensitas tinggi, sehingga terjadi lagi longsoran2 kecil yang membuat bendungan akibat longsor di aliran sungai, turun dan mengalir dan terjadi air bah," beber Dedi.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang menerjang kawasan perkampungan di Kampung Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021). Akibat kejadian tersebut, sebanyak 7 bangunan rusak dan 900 jiwa di Kampung Gunung Mas terpaksa diungsikan di tiga titik pengungsian.

"Hari ini warga yang ada di sekitar Gunung Mas kita ungsikan sekitar 900 jiwa, 400-an KK. Sementara warga di ungsikan di tiga titik, pertama di wisma Gunung Mas, kemudian ada juga yang diungsikan sementara di Kampung Rawa Belong, jadi ada tiga titik pengungsian sebenarnya," kata Kases Tugus Selatan M. Eko ditemui di lokasi banjir bandang, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, lanjut Eko, banjir bandang juga merusak 7 bangunan rumah dan warung milik warga di Kampung Gunung Mas yang lokasinya berada di sekitar aliran Sungai Cisampay.

"Bangunan sementara yang terdampak itu ada 7 bangunan, warung yang terbawa arus, namun belum teridentifikasi milik siapa. Namun sementara ada 7 bangunan yang rusak," kata Eko.

Pantauan detikcom di lokasi, lumpur masih menggenangi lantai rumah-rumah warga di Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kabupaten Bogor. Ketinggian lumpur mencapai sekitar 25 centimeter atau setinggi betis orang dewasa

(mud/mud)