6 Hari PPKM, Petugas Klaim Kepatuhan Prokes di Cirebon Meningkat

Sudirman Wamad - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 14:56 WIB
Petugas pantau penerapan PPKM di Cirebon.
Foto: Petugas pantau penerapan PPKM di Cirebon (Sudirman Wawad/detikcom).
Cirebon -

Petugas klaim kesadaran masyarakat Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, meningkat setelah adanya penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Selama PPKM petugas gabungan rutin razia kedisplinan protokol kesehatan (prokes) di beberapa titik.

Pelaksanaan PPKM di Cirebon sudah berjalan enam hari. Menurut Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi, kesadaran masyarakat Cirebon dalam mematuhi protokol kesehatan meningkat signifikan. Karena, lanjut dia, pelanggar yang terjaring operasi yustisi protokol kesehatan menurun setiap harinya.

"Dari PPKM ini ada peningkatan signifikan dalam kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Kita rutin lakukan operasi yustisi," kata Syahduddi kepada detikcom, Sabtu (16/1/2021).

Selain operasi yustisi, petugas gabungan juga melakukan operasi penyekatan pengendara yang melintas. Menurut Syahduddi, tak banyak pelanggar yang terjaring operasi penyekatan.

"Penyekatan dilakukan di perbatasan Kabupaten Cirebon, kemudian di Weru, Losari, Ciperna, hingga Dukupuntang. Kita lakukan tiga kali sehari," katanya.

Syahduddi berharap meningkatnya kesadaran masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dapat menekan kasus COVID-19. Petugas juga memantau sejumlah pusat perbelanjaan, pertokoan rumah makan dan lainnya selama PPKM.

(mso/mso)