Lahan Bekas Longsor di Sumedang Tak Layak Huni, Anggota DPR Usul Warga Direlokasi

Muhammad Ri - detikNews
Jumat, 15 Jan 2021 23:16 WIB
Longsor melanda Desa Cihanjuang, Cimanggung, Sumedang pada Sabtu (9/1) lalu. Kejadian itu mengakibatkan 14 rumah rusak tertimbun material longsor.
Foto: Wisma Putra
Sumedang -

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzily meminta Pemkab Sumedang mendesain ulang tata ruang, khususnya di bekas area bencana longsor, kawasan perbukitan Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang. Area itu harus dikosongkan dari permukiman warga secara permanen.

"Pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten harus mendesain ulang atau mendesain kembali tata ruangnya," kata Hasan Syadzily saat ditemui di Posko SAR Cimanggung, Jumat (15/1/2021).

Hasan Syadzily menilai lahan bekas terjadinya longsor tersebut tidak layak untuk digunakan sebagai permukiman. Desain tata ruang yang baru harus memperhatikan aspek risiko bencana, terutama bencana longsor seperti yang sudah terjadi.

"Kita melihat memang ada yang salah, dari ekosistem lingkungan yang ada di lokasi bencana ini. Ini adalah daerah yang sangat rawan bencana, tetapi dipergunakan untuk pemukiman," katanya.

Hasan Syadzily menambhakan, permukiman di sekitar area longsor mau tidak mau harus dikosongkan permanen. Sebab jika tidak dilakukan, ditakutkan akan kembali terjadi bencana longsor lagi.

"Pemerintah harus menyediakan lahan untuk relokasi. DPR akan mendesak agar BNPB menyiapkan anggaran untuk pembangunan rumah pengganti dari siap pakai. Kami juga mendesak kepada Pemkab Sumedang," kata Hasan Syadzily.

(ern/ern)