Kronologi Warga Garut Barter Rumah Rp 500 Juta dengan Tanaman Hias

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 11:01 WIB
Seorang pecinta tanaman di Garut bikin heboh lantaran membarter rumah dengan tanaman. Kisah itu jadi perbincangan saat ini.
Penampakan puluhan tanaman yang dibarter rumah (Foto: Hakim Ghani)
Garut -

Hidmat Syamsudin, seorang pecinta tanaman asal Garut menukar rumah mewah seharga ratusan juta miliknya dengan tanaman hias. Ada puluhan tanaman yang ditukar dengan rumah tersebut.

Proses barter tanaman dan rumah itu dilakukan Hidmat pada Sabtu, 9 Januari 2021. Dia menukar rumah-tanaman hias dengan seorang pedagang tanaman di Depok, Jawa Barat.

Hidmat mengetahui tanaman-tanaman hias cantik tersebut melalui media sosial. Kemudian terjadi proses negosiasi dengan penjual hingga akhirnya barter tersebut disepakati.

Ada lebih dari 40 tanaman hias jenis aroid yang didapat Hidmat hasil dari barter rumah senilai Rp 500 juta itu. Tanaman itu terdiri dari beragam ukuran. Ada yang mini, ada juga yang tingginya mencapai sekira satu meter.

"Di antaranya jenis philodendron billietiae variegata dan king monstera variegata thai cobstellation," kata Hidmat.

Tanaman philodendron billietiae variegata diketahui berharga Rp 55 juta. Sedangkan king monstera variegata thai constellation diketahui bernilai Rp 60 juta rupiah.

Hidmat mengungkapkan, investasi jadi salah satu alasan dia rela tukar rumah ratusan juta miliknya dengan tanaman hias. "Jadi lebih ke barter investasi sebenarnya," katanya.

Puluhan tanaman tersebut kini sudah berada di kediaman Hidmat yang terletak di Tarogong Kidul, Garut. Sedangkan sertifikat rumah Hidmat sudah diberikan ke pedagang asal Depok yang diketahui bernama Mario.

(mud/mud)