Jabar Hari Ini: 16 Korban Longsor Ditemukan-Tanaman Hias Dibarter Rumah Rp 500 Juta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 20:21 WIB
Longsor melanda Desa Cihanjuang, Cimanggung, Sumedang pada Sabtu (9/1) lalu. Kejadian itu mengakibatkan 14 rumah rusak tertimbun material longsor.
Puing-puing longsor Sumedang (Foto: Wisma Putra)

16 Korban Longsor di Sumedang Ditemukan Meninggal Dunia

Tim SAR terus melakukan pencarian terhadap korban longsor di Kabupaten Sumedang. Sudah 16 korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Berdasarkan data yang ada, hingga Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 16.00 WIB, Tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi 16 korban yang tertimbun material longsor. Semua korban tersebut ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, korban ke 16 yang ditemukan berjenis kelamin laki-laki.

"Korban terakhir yang dievakuasi yaitu korban laki laki bernama Kusnandar yang dievakuasi pada pukul 09.55 WIB tadi pagi," kata Deden.

Deden mengungkapkan Tim SAR gabungan hari ini telah melakukan pencarian sejak pukul 08.00 WIB dengan membagi menjadi tiga sektor, yakni sektor 1 di lokasi hajatan warga, sektor 2 di Masjid Annur dan sektor 3 di lapangan voli. Diduga di tiga sektor tersebut terdapat banyak korban yang masih tertimbun.

"Korban terakhir sendiri ditemukan Tim SAR Gabungan di sektor 3," ungkapnya.

Hingga saat ini total jumlah korban yaitu 64 orang dengan rincian korban meninggal dunia sebanyak 16 orang, selamat sebanyak 25 orang dan dalam pencarian sebanyak 23 orang.

"Pencarian dihentikan sementara karena cuaca di lokasi hujan dengan intensitas deras, dan pencarian akan dilanjutkan jika hujan reda," tambah Deden.

Adapun unsurSAR yangteribat yaituBasarnas Bandung,BPBD Jabar,BPBDSumedang,PUPR, TNI/POLRI, PMIProv Jawa Barat, DinkesSumedang, PotensiSAR Jawa Barat dan PotensiSAR Jawa Tengah dengan total kekuatan personel yang terdaftar di posko sebanyak 664 personel sedangkan total personel di lokasi longsor 172 personel.