12 Ribu Vaksin COVID-19 Disiapkan untuk Nakes di Kabupaten Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Senin, 11 Jan 2021 17:11 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Foto: Ilustrasi (iStock).
Kabupaten Bandung -

Sebanyak 12 ribuan vaksin dialokasikan bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Bandung. Angka tersebut merupakan dua kali lipat jumlah nakes yang ada.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Grace Mediana. Grace mengatakan tenaga kesehatan menjadi prioritas pertama yang akan divaksin.

"Sekarang Kabupaten Bandung dapat alokasi untuk tenaga kesehatan baik itu yang di Puskesmas ataupun di klinik, swasta, dan rumah sakit, total dapat 6.248 nakes, jadi jumlah vaksinnya dua kali lipatnya 12.496," ujar Grace saat dihubungi detikcom, Senin (11/1/2021).

Grace menyebutkan, 6 ribuan nakes akan divaksin dalam dua periode. Setelah suntikan pertama, nakes akan kembali divaksin pada hari ke-14 atau 28.

"Satu orang kan pelaksanaan vaksinnya dua kali, selang waktu yang pertama adalah 14 hari sampai 28 hari," kata Grace.

Sampai saat ini pihaknya belum tahu kapan vaksin tersebut akan dikirimkan ke Kabupaten Bandung. Sementara ini, pihaknya mempersiapkan diri dengan melakukan pelatihan kepada sejumlah tenaga medis.

Nantinya, tenaga medis inilah yang akan melakukan tes kepada mereka yang akan divaksin. Sementara baru 62 nakes yang diproyeksikan akan menjadi vaksinator.

"Kami baru dilatih 62 tenaga vaksinator untuk 62 puskesmas, 6 tenaga untuk rumah sakit, dan akan dilatih lagi 400 tenaga imunisator," ujar Grace.

Simak video '2 Kali Divaksin Sinovac, RK: Nggak Berubah Jadi Spiderman':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)