Liburan Usai, Lalin di Tol Cikampek Mengarah Jakarta Padat

Muhammad Iqbal, Dian Firmansyah - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 20:17 WIB
Karawang -

Jelang berakhirnya masa libur panjang tahun baru, arus balik di Tol Cikampek, dari arah Cirebon menuju Jakarta mengalami kepadatan.

Antrean dan kepadatan kendaraan pemudik balik sudah memadati badan jalan di sekitar gerbang tol. Berdasarkan pantauan kedapatan sudah terjadi sejak Minggu siang. Kemudian pada Minggu malam volume kendaraan terus mengalami peningkatan.

Kendaraan pribadi atau kendaraan minibus mendominasi kepadatan di arus balik ini. Sementara terus meningkatnya arus kendaraan disebabkan akan berakhirnya masa liburan.

"Dari Majalengka mau ke Karawang, tadi lancar cuma cenderung padat, saya liburnya dari hari Sabtu jadi besok sudah masuk kerja lagi," ungkap Wahid, pemudik yang tengah mengantre di gerbang tol Cikatama, Minggu (03/01/2021).

Kepadatan arus ini dibenarkan oleh Joko, pemudik yang berjalan dari solo hendak ke Bekasi. "Padat karena hujan juga terus tadi ada yang kecelakaan di Tol Cipali. Ini abis liburan kembali ke Bekasi karena besok masuk kerja," katanya.

Polisi memprediksi jika malam ini menjadi malam puncak arus balik libur Nataru.

Sementara itu, di pintu Tol Soroja tampak sepi ketika arus balik kendaraan dari lokasi wisata Ciwidey. Meski demikian, angka kendaraan yang masuk melalui Tol Soroja mengalami kenaikan.

Seperti dilihat detikcom di Pintu Tol Soreang sekira pukul 18.30 WIB, tidak terlihat antrean kendaraan yang akan masuk tol, sama halnya dengan jalur sebaliknya.

"Di Gate Tol Soreang terpantau ramai lancar," ujar Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa melalui pesan singkat, Minggu (3/1/2021).

Kendaraan yang masuk melalui pintu Tol Soreang mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut, kata Erik, dikarenakan meningkatnya kendaraan yang keluar dari kawasan wisata.

Dari data yang diterima, pada pukul 12.00 hingga 15.00 WIB kendaraan yang masuk sekira 2.458 unit kendaraan. Kemudian meningkat pada pukul 15.00 hingga 18.00 WIB menjadi 2.818 unit kendaraan.

"Volume kendaraan yang masuk melalui pintu Tol Soroja atau arus balik wisatawan mengalami peningkatan sekitar 14,88 persen," ujar Erik.

Selain itu, kendaraan yang keluar melalui pintu Tol Soreang sejak pukul 12.00 -18.00 WIB mengalami penurunan. Penurunan terjadi sekitar 11,32 persen.

"Total sejak pukul 12.00 sampai 18.00 WIB total.kendaraan yang keluar sekitar 6.810 unit. Di mana-mana penurunannya sekitar 213 kendaraan," ujarnya.

(mso/mso)