Pastikan Tak Ada Kerumunan, Kapolda Banten Cek Alun-alun Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 31 Des 2020 22:40 WIB
Kapolda Banten Irjen Fiandar pantau kondisi kota jelang tahun baru.
Foto: Kapolda Banten Irjen Fiandar pantau kondisi kota jelang tahun baru (Bahtiar Rifa'i/detikcom).
Serang -

Kapolda Banten Irjen Fiandar bersama Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko melakukan operasi pemeriksaan ke Alun-alun Kota Serang. Operasi dilakukan untuk mencegah kerumunan warga jelang pergantian tahun.

Fiandar mengatakan, kepolisian Polda Banten bersama Satgas COVID-19, TNI dan Pemprov Banten disiagakan untuk mencegah ada kerumunan. Tim gabungan memastikan agar tidak ada pelanggar protokol kesehatan.

"Untuk itu kami melaksanakan patroli gabungan skala besar ke tempat-tempat keramaian, baik yang bersifat kegiatan agama maupun yang bersifat kegiatan masyarakat pada umumnya. Yang pertama yang harus kita pastikan adalah tidak terjadi keramaian, kerumunan yang melanggar protokol kesehatan itu," kata Fiandar kepada wartawan di Alun-alun Serang, Banten, Kamis (31/12/2020).

Personel di lapangan katanya juga melakukan penjagaan di titik yang berpotensi ramai di tahun baru. Tempat nongkrong, tempat wisata, tempat hiburan, mall dibatasi jam operasionalnya.

Beberapa ruas jalan juga jadi perhatian untuk mencegah jika ada konvoi kendaraan. Sejauh ini, kondisi relatif sepi dan berjalan baik khususnya soal kerumunan.

"Sementara ini walaupun tidak hujan bagus, agak sepi. Meriah tapi tidak terlalu berkerumun, tidak ada keramaian. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan," ujarnya.

Polda Banten, Satgas COVID-19, dan TNI sendiri akan membubarkan kerumunan jika ada kerumunan saat perayaan Tahun Baru. Langkah ini dilakukan mencegah penyebaran Corona.

"Jika ada kegiatan yang membuat kerumunan maka kami bersama TNI dan Satgas akan membubarkan paksa kerumunan yang terjadi di malam pergantian tahun, langkah ini mencegah kerumunan yang bisa memicu penyebaran COVID-19," pungkasnya.

(bri/mso)