Heboh Kelompok di Jabar: Klaim Kendalikan Nuklir dan Ubah Lambang Pancasila

ADVERTISEMENT

Kaleidoskop 2020

Heboh Kelompok di Jabar: Klaim Kendalikan Nuklir dan Ubah Lambang Pancasila

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 09:18 WIB
Geger Sunda empire
Geger Sunda Empire (Foto: Tangkapan layar di facebook yang viral)

2. King of The King

Tak berselang lama dari kemunculan Sunda Empire, muncul lagi kelompok lain yang menamakan diri King of The King. Pengakuan kelompok ini pun bikin geleng-geleng kepala.

Kelompok ini diketahui dipimpin oleh Dony Pedro. Kelompok ini diketahui juga bermarkas di Bandung. Dony Pedro sendiri diketahui merupakan salah seorang anggota TNI.

Dony PedroDony Pedro. (Foto: tangkapan layar YouTube)

Ia mengaku memiliki hubungan darah dengan Soekarno, hingga mengklaim mendapatkan amanah dari sang proklamator untuk menyalurkan dana hibah kepada seluruh rakyat Indonesia.

Pengikut King of The King sendiri bermunculan di sejumlah daerah di Indonesia. Para pengikutnya bahkan tersandung kasus penipuan. Kisah Dony Pedro ini berakhir. Kasusnya ditangani oleh pihak TNI.

3. Kesultanan Selaco

Berbeda dengan Sunda Empire dan King of The King, Kesultanan yang satu ini mengklaim sudah lama berdiri. Berdomisili di Tasikmalaya, Kesultanan ini mengaku sudah muncul sejak 2004.

Kesultanan ini didirikan oleh Rohidin yang mengaku sebagai keturunan Raja Pajajaran dengan gelar Patra Kusumah VIII.

Kesultanan Selaco di TasikmalayaKesultanan Selaco di Tasikmalaya. (Foto: Istimewa)

Keberadaan kesultanan ini mampu hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar. Bahkan Kesultanan Selaco kerap mengadakan kegiatan sosial.

Kesultanan Selaco kembali ramai diperbincangkan setelah foto sultan dengan petinggi kesultanan tengah mengenakan pakaian menyerupai TNI kembali beredar. Terlihat pula petinggi Kesultanan ini mengenakan baret menyerupai baret Sunda Empire di Bandung.

Foto tersebut ternyata diketahui terjadi pada 2018 lalu. Sejumlah atribut pakaian yang menyerupai TNI juga sudah diserahkan kepada anggota Kodim 0612 Tasikmalaya dan diteruskan ke Denpom 32 Garut.

Kesultanan Selaco di Kabupaten TasikmalayaKesultanan Selaco di Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)

Sejauh ini aktivitas Kesultanan Selacau atau Selaco terpantau lebih cenderung tidak aktif. Rohidin buka suara berkaitan sorotan warga tersebut. Ia mengklaim keturunan Raja Wirawisesa anak dari Raja Padjadjaran atau keturunan sembilan Raja Padjadjaran.

"Saya ini keturunan Padjadjaran kesembilan, nama saya Rohidin SH, tapi kalau gelar Patra Kusumah VIII" ujar Rohidin saat ditemui di kediaman keduanya di Kawasan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (19/1/2020).

Pimpinan Kesultanan SelacoPimpinan Kesultanan Selaco. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)

Ia menyebut Kesultanan Selaco didirikan sebagai cagar budaya warisan leluhur. Kesultanan Selaco memiliki alat kelengkapan mulai Maha Patih, Panglima Perang, Adi Pati, prajurit, abdi dalam hingga pengikutnya. Rohidin mengklaim Kesultanan Selaco tercatat di UNESCO.

"Kami ini cagar budaya. Tujuannya untuk melestarikan dan merawat warisan budaya leluhur. Bukan kesultanan dalam arti lengkap, kami ini NKRI harga mati kok," tutur Rohidin menegaskan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT