Ada Buruh Kena Corona, Bupati Garut Minta Pabrik Perketat Prokes

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 15:47 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan
Bupati Garut Rudy Gunawan (Foto: Hakim Ghani)
Garut -

Bupati Rudy Gunawan meminta perusahaan dan pabrik yang ada di Kabupaten Garut memperketat protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Hal tersebut dilakukan setelah ditemukannya puluhan karyawan pabrik sepatu yang positif COVID-19 beberapa hari lalu.

"Kita berharap perusahaan melaksanakan protokol kesehatan di lingkungan tempat kerja. Itu harus lebih ditingkatkan lagi," ucap Rudy kepada wartawan, Rabu (16/12/2020).

Rudy menyebut saat ini mayoritas perusahaan di Garut melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Namun, hal tersebut dianggap perlu ditingkatkan dan diperketat.

Pada Selasa (15/12) kemarin, Pemda Garut dan Tim Gugus Tugas telah melakukan penandatanganan pakta integritas dengan perusahaan dalam rangka pengawasan protokol kesehatan.

"Kami minta jaminan dari perusahaan bahwa protokol kesehatan benar-benar dijalankan dan lebih ditingkatkan setelah adanya kasus konfirmasi positif di PT Changsin," katanya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan karyawan PT Changsin, Garut dinyatakan positif COVID-19. Bupati Rudy mengatakan, saat ini mereka sudah pulih kembali setelah sebelumnya menjalani isolasi.

Rudy menyebut, mereka tidak tertular dari dalam pabrik saat beraktivitas di perusahaan.

"Kami telah melakukan investigasi bahwa terkonfirmasinya pegawai Changsin itu dari luar, karena ada interaksi di luar kebawa ke dalam," tutup Rudy.

(mud/mud)