Menang di 6 Pilkada Versi QC, Ketua PKS Jabar: Tuntaskan Penghitungan

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 18:36 WIB
Haru Suandharu, sekretaris BPD Jabar
Foto: Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu (Mochamad Solehudin/detikcom).
Bandung -

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menang banyak dalam Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat. Dari delapan daerah yang menggelar pemilu, jagoan yang diusung partai berlambang bulan sabit kembar itu meraih kemenangan di enam kabupaten/kota berdasarkan hasil quick count dan real count internal dan sejumlah lembaga survei.

Ketua DPW PKS Jawa Barat Haru Suandharu mengatakan saat ini partainya berada di atas angin dari berbagai laporan penghitungan suara. Namun ia menegaskan, bahwa hasil tersebut belum final sebelum diumumkan rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kita bersyukur kepada Allah, bahwa semua hasil, berhasil atau tidak, atas kehendak Allah. Tentu ini hasilnya belum final, finalnya menunggu rekapitulasi di KPU," katanya saat dihubungi, Kamis (10/12).

Ia pun meminta agar para kader tidak jemawa dan berlebihan, sebelum hasil dari penghitungan resmi diumumkan. Kalau pun menang, ia melarang kadernya untuk bereuforia dalam menyambut kemenangan tersebut.

"Sehingga saya minta semua kader PKS di semua kota dan kabupaten, baik yang dinyatakan menang maupun belum menang oleh hitung cepat, tetap harus menuntaskan perhitungan itu sampai selesai, sampai ditetapkan KPU," ucapnya.

"Jadi ini kemenangan masyarakat Jabar, untuk semuanya. Harapannya, setelah penetapan di KPU, Pilkadanya selesai, jangan diperpanjang terus. Masa harus Pilkada seumur-umur. Selama pilkada juga walau kita dekat, tapi pandangan di DPP kita berbeda, kita saling hormati. Kita sudah sama-sama dewasa," ujarnya..

Enam yang dimenangkan PKS dari versi hitung cepat yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Depok. Meski menang banyak, hanya dua kader PKS yang maju secara langsung dan menang versi quick count. Mereka adalah Imam Budi Hartono (cawalkot Depok) dan Aep Syaepuloh (cawabup Karawang).

Selebihnya PKS mengusung calon-calon yang potensial. Seperti di Kabupaten Bandung (Dadang-Sahrul), Sukabumi (Marwan-Iyos), Pangandaran (Jeje-Ujang) dan Tasikmalaya (Iwan-Iip).

(yum/mso)