Kasus Korupsi Meikarta, Eks Sekda Jabar Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 12:57 WIB
Dua Saksi Meringankan Iwa Karniwa
Sidang Iwa Karniwa (Foto: Mukhlis Dinillah)
Bandung - KPK melakukan eksekusi terhadap eks Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa ke Lapas Sukamiskin. Eksekusi dilakukan setelah kasus korupsi proyek Meikarta yang menjerat Iwa itu berkekuatan hukum tetap.

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan eksekusi terhadap Iwa tersebut dilakukan usai adanya putusan Mahkamah Agung RI Nomor 3619 K/Pid.Sus/2020 tanggal 25 November 2020. Eksekusi terhadap Iwa dilakukan pada Senin (7/12) kemarin.

"Terpidana Iwa Karniwa yang berkekuatan hukum tetap dengan cara memasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama empat tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," ujar Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (8/12/2020).

Dalam putusannya, MA meminta Iwa membayar uang pengganti korupsi sebesar Rp 750 juta. Dalam putusan disebutkan Iwa mengantongi Rp 900 juta akibat perbuatannya.

"Dengan ketentuan jika tidak membayar paling lama satu bulan sesudah putusan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dan dalam hal tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar maka dipidana penjara selama satu tahun dan enam bulan," tuturnya.

Majelis hakim menjatuhkan vonis 4 tahun penjara kepada eks Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa. Iwa dianggap terbukti menerima suap berkaitan dengan proyek Meikarta. (dir/mud)