Bandung Zona Merah, Walkot Oded Teken Perwal PSBB Proporsional

Siti Fatimah - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 12:39 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Setelah Kota Bandung dinyatakan memiliki tingkat kewaspadaan zona merah dengan ditandai meningkatnya penyebaran kasus COVID-19, Pemkot Bandung mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan Perwal yang membahas teknis pelaksanaan PSBB Proporsional sudah ia teken sejak Jumat (4/12). "Sudah tanda tangan saya, udah berlaku kemarin sore," ujar Oded saat ditemui di Pendopo Wali Kota, Jalan Pungkur, Kota Bandung, Sabtu (5/12/2020).

Setelah ditandatangani, secara resmi PSBB Proporsional berlaku di Kota Bandung selama 14 hari. Beberapa ketentuan yang berubah di antaranya aktivitas ekonomi yang sebelumnya direlaksasi kini ada pengurangan kapasitas dan jam operasional.

"Sudah saya sampaikan kan waktu itu di antaranya bagaimana untuk (membatasi) kerumunan, untuk aktivitas ekonomi di mal, tempat ibadah yang tadinya 50 persen sekarang 30 persen. Jamnya juga yang tadinya jam 21.00 WIB, sekarang jam 20.00 (sudah tutup)," ucap Oded.

Dia sempat menyinggung perihal penutupan jalan protokol yang sempat diberlakukan saat AKB diperketat. Namun, Oded belum mengatakan secara pasti ruas jalan mana saja yang akan ditutup.

"Kemudian yang lainnya, jalan-jalan protokol yang kemarin (sempat) ditutup insyallah mau ditutup lagi," ujarnya.

"Dan (seperti) yang sudah dilaksanakan kemarin oleh Pak Wakil dan Pak Sekda, saya perintahkan mereka untuk menutup yang Dipatiukur karena itu sudah bermasalah kerumunan orang sudah tidak terkendali. Alhamdulillah sudah ditutup," tutur Oded menambahkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2