Kasus COVID-19 Masih Tinggi, Cimahi Justru Kembali ke Zona Orange

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 15:09 WIB
Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana
Foto: Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana (Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Setelah sempat bertahan di zona merah atau kategori risiko tinggi penyebaran COVID-19 akhirnya Kota Cimahi kembali ke zona orange atau kategori risiko sedang.

Saat ini kasus COVID-19 di Kota Cimahi mencapai 1.172 kasus. Rinciannya 379 orang masih terkonfirmasi positif aktif, 762 orang dinyatakan sembuh, dan 31 orang meninggal dunia.

"Status Kota Cimahi sekarang orange, artinya risiko penularannya sedang. Kita zona merah selama dua minggu. Mudah-mudahan kasusnya semakin berkurang," ujar Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana, Kamis (3/12/2020).

Kasus COVID-19 sendiri di Kota Cimahi mengalami lonjakan dalam sebulan terakhir, hingga statusnya sempat bertahan dua minggu pada zona merah atau kategori risiko tinggi penularan virusnya.

Meski kategorinya saat ini masuk risiko sedang, namun kondisi saat ini masih belum aman mengingat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Untuk itu, Ngatiyana mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Memang kasusnya ada lonjakan setelah libur panjang beberapa minggu lalu. Tapi kita harus tetap waspada meskipun zona orange. Biar kasusnya tidak meningkat lagi, kita tekankan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Ngatiyana menyatakan bakal terus mengaktifkan patroli penerapan protokol kesehatan. Termasuk ketika memasuki libur panjang akhir tahun. Ia tak ingin kejadian libur panjang beberapa waktu terulang dimana setelahnya ada lonjakan kasus.

Untuk itu, Ngatiyana juga menekankan semua elemen masyarakat untuk tidak memaksakan menikmati libur panjang ke luar kota. Begitupun dari luar daerah agar tidak memaksakan ke Kota Cimahi.

"Kita tekankan diam saja di tempat (Cimahi), kecuali ada urusan yang krusial. Kemudian kalau mau datang ke Cimahi bawa hasil rapid test atau swab test," pungkasnya.

(mso/mso)