Pilkada Sukabumi, Warga Diimbau Disiplin Prokes dan Jaga Keamanan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 13:44 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi Pilkada (Ilustrator: Andhika Akbaransyah)
Sukabumi -

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni meminta warga untuk menjaga keamanan menjelang pelaksanaan pencoblosan pada Pilkada Kabupaten Sukabumi yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Selain itu, warga juga diingatkan untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes).

Sumarni menjelaskan dari 15 wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, 8 wilayah di antaranya masing-masing Kecamatan Cisaat, Sukalarang, Sukabumi, Sukaraja, Kebonpedes, Gunungguruh, Kadudampit dan Cireunghas menyelenggarakan Pilkada. Sementara wilayah hukum terluas berada di bawah kendali Polres Sukabumi.

"Sebentar lagi masyarakat akan melaksanakan pesta demokrasi, jaga kondusifitas kamtibmas, boleh mendukung Paslonnya masing-masing akan tetapi jangan terlalu fanatik. Jika pilihannya kalah, silahkan melebur menjadi satu dengan yang lainnya untuk mendukung pemimpin yang terpilih," tutur Sumarni, Selasa (1/11/2020).

Ia mengajak masyarakat yang telah mempunyai hak pilih untuk hadir ke TPS dan menentukan hak pilihnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Saya berharap kepada para alim ulama, tokoh masyarakat untuk membantu kami mengedukasi masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih tetap untuk datang ke TPS dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

"Kami juga berharap kepada para kyai untuk membantu kami menyampaikan pesan ini kepada masyarakat agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak minimal 2 meter, menghindari kerumunan, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir sebelum dan sesudah melakukan kegiatan," ucap Sumarni menambahkan.

Dia menjelaskan aktivitas itu dilakukan setiap malam sepanjang tahapan perhelatan Pilakda Kabupaten Sukabumi. Menggunakan motor, ia berkeliling terkadang bersama unsur pemerintah daerah.

"Tiap malam berkeliling, kadang dari siang saya cek seperti kemarin saya cek persiapan logistik Pilkada Kabupaten Sukabumi di dua gudang Logistik di Kecamatan Kadudampit dan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Alhamdulillah jumlahnya cukup sesuai jumlah TPS," ujarnya.

Sumarni menerangkan bahwa hasil pengecekan sementara, kesiapan logistik yang ada di dua kecamatan tersebut adalah bilik suara dan kotak suara. "Jadi yang sudah diterima oleh masing-masing Kecamatan adalah bilik suara dan kotak suara," kata Sumarni.

Ia mengimbau petugas gabungan yang ditugasi untuk menjaga logistik Pilkada untuk senantiasa menjaga kondisi dan kesehatannya masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. "Agar benar-benar menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatannya sehubungan dengan masih tingginya penyebaran COVID-19," ucap Sumarni.

Simak video 'Protokol Kesehatan Tak Bisa Cegah Munculnya Klaster Pilkada':

[Gambas:Video 20detik]



(sya/bbn)