10 Warga Terluka Akibat Serangan Tawon di Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 13:07 WIB
ilustrasi disengat tawon atau lebah
Ilustrasi tawon (Foto: iStock)
Sukabumi -

Sejumlah warga di Kampung Rancabungur, Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, terluka akibat serangan tawon pada Minggu (29/11). Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Anita Larasati mengatakan sarang tawon itu berukuran besar dan berada di tiang listrik sekitar perkampungan warga.

"Tawon menyerang warga yang melintas di jalan kampung sekitar pukul 18.00 WIB Minggu (29/11), sarang hewan tersebut berada di atas jalan menempel di tiang listrik milik PLN. Informasi yang kami peroleh ada 10 orang warga terkena sengatan," kata Anita kepada wartawan, Selasa (1/12/2020).

Warga yang resah kemudian melapor ke petugas BPBD, mayoritas yang diserang adalah mereka yang melintas di jalanan sekitar sarang seukuran bola basket tersebut berada. "Mayoritas warga yang tersengat tawon itu saat tengah beraktivitas atau lalu lalang di jalan itu. Petugas Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Gegerbitung melakukan koordinasi dengan warga setempat untuk penanganan," ujarnya.

"Bersama Camat Gegerbitung, Satpol PP Kecamatan Gegerbitung, Babinsa dan Bhabinkamtibmas malam tadi sarang kita evakuasi untuk mengantisipasi terjadinya korban akibat sengatan dari sarang tawon tersebut. Selain itu, ini juga kami lakukan berdasarkan laporan dan keinginan warga setempat," tutur Anita menambahkan.

BPBD masih memantau perkembangan terkait kemungkinan ada kasus serupa di wilayah yang sama. Ia mengimbau warga untuk cepat melapor ketika melihat ada sarang tawon yang berpotensi kembali mengganggu aktivitas warga.

"Kalau ada kejadian serupa laporkan saja, pelaporan lebih cepat maka penanganan juga akan secepatnya kami lakukan," ucap Anita.

(sya/bbn)