Bandung Kembali Zona Merah COVID-19

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 08:10 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/deetikcom).
Bandung -

Penyebaran COVID-19 di Kota Bandung, Jawa Barat terus meningkat. Level kewaspadaan COVID-19 di Kota Bandung kembali ke level tinggi atau masuk lagi ke zona merah.

Sebelumnya, level kewaspadaan Kota Bandung ada di level sedang atau di zona orange. Dari informasi yang dihimpun, Kota Bandung kembali ke zona merah terjadi, Senin (30/11) kemarin.

Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisis Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara membenarkan informasi tersebut.

"Ya (benar)," kata Ahyani via pesan singkat, Selasa (1/12/2020).

Skor penyebaran COVID-19 di Kota Bandung ada di bawah angka satu.

"RT 0.80," ujarnya.

Ahyani mengimbau, kepada warga Kota Bandung agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun di laman Pusat Informasi COVID-19 Kota Bandung, angka positif kumulatif mencapai 3.560 bertambah 106 orang dari sehari sebelumnya.

Positif aktif mencapai 759 bertambah 97 orang dari sehari sebelumnya, sembuh 2.688 bertambah 9 orang dan meninggal dunia masih di anta 113 orang.

Seperti diketahui, belum lama ini, Sekda Kota Bandung Ema Sumarna Bandung sudah memberikan sinyal darurat COVID-19. Hal tersebut, dapat dilihat dari menipisnya jumlah tempat tidur untuk pasien COVID-19.

"Jadi kita sudah masuk pada situasi cukup darurat, bahwa Bandung harus benar-benar upayanya maksimal lagi. Makannya, kita minta sekarang kepada pihak kecamatan agar menyiapkan rumah isolasi bagi yang OTG, kalau yang bergejala wajib ke rumah sakit," ucap Ema.

"Kemudian juga tempat isolasi yang disiapkan pemerintah kota, penuh. Hotel S, Hotel U, itu penuh. Makanya ini sudah dibantu, Pak Camat, Bu Camat yang memanfaatkan kantor RW, itup un setelah ada rekomendasi petugas kesehatan, karena segala sesuatunya harus terstandarisasi," pungkasnya.

Simak video 'Moderna Optimistis Dapat Izin Penggunaan Darurat Vaksin Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)