Remaja Hilang di Pantai Citepus Sukabumi, Tim SAR Lakukan Pencarian

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 20:06 WIB
Petugas lakukan pencarian remaja yang hilang tenggelam.
Foto: Petugas melakukan pencarian remaja yang hilang tenggelam di Sukabumi (Istimewa).
Sukabumi -

Dirfas (16) remaja asal Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi hilang saat berenang di Pantai Citepus, Kebon Kalapa, Desa Citepus, Palabuhanratu, Minggu (29/11). Pencarian korban terus dilakukan, namun tim SAR gabungan terkendala cuaca ekstrim di sekitar lokasi.

Tim SAR gabungan bergerak menggunakan peralatan SAR lengkap melakukan pencarian hingga beberapa kilometer di sekitar lokasi tempat korban dikabarkan hilang.

"Hari ini operasi SAR dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi dua. Dimana pada SRU pertama melakukan pencarian dengan perahu karet dengan luas area pencarian hingga satu NM2 di sekitar lokasi kejadian. Kemudian SRU kedua melakukan pencarian secara visual di pesisir daratan dengan jarak satu kilometer," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Hendra Sudirman selaku SMC (SAR Mission Coordinator) operasi SAR melalui rilis yang diterima detikcom, Senin (30/11/2020).

Pencarian korban sendiri melibatkan puluhan personel yang terdiri dari Pos SAR Sukabumi, Sat Pol Air Polres Sukabumi, Balawista, Relawan BPBD Cisolok dan Sarda Palabuhanratu.

"Kita sedang melakukan pencarian dan penyisiran di darat maupun di perairan laut Selatan Sukabumi, Namun, hingga saat ini jasad korban belum juga ditemukan," lanjut Hendra.

Dihubungi terpisah Ketua Forum Koordinasi Sar Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiq mengatakan upaya pencarian korban laka laut ini di pantai Citepus ini, belum membuahkan hasil. Lantaran, tim SAR gabungan belum juga mendapatkan keberadaan korban.

"Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan SRU penyisiran laut dan di darat serta pengamatan visual. Namun sampai saat ini upaya pencarian hasilnya masih nihil," ujar Okih.

Dirfas hilang saat berenang bersama tiga orang temannya, yakni Gilang Pangestu (16), Fuad Alqodri (16) dan Sultan Abdullah (16). Mereka ikut berenang saat tiba-tiba ombak datang menerjang, ketiganya sempat ikut terbawa ombak namun berhasil diselamatkan.

"Kejadiannya sekitar pukul 13.00 WIB pada Minggu (29/11), saat korban sedang berenang dengan tiga orang temannya di pantai Citepus Kebon Kalapa. Saat tenggelam, tiga orang temannya berhasil terselamatkan. Sedangkan satu orang lagi atas nama Dirfas sampai saat belum diketemukan dan masih dalam proses pencarian," tutur Okih.

(sya/mso)