Said Aqil Umumkan Positif Corona, Ridwan Kamil: Itu Inspirasi dan Contoh

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 15:05 WIB
Ridwan Kamil di Bareskrim Polri
(Foto: Ridwan Kamil (Kadek Melda/detikcom)
Bandung -

Ketua Umum PBNU, K.H Said Aqil Siradj mengumumkan kabar dirinya yang terpapar virus Corona. Pengumuman itu dikabarkan oleh sekretaris pribadi Aqil, M Sofwan Erce pada Minggu (29/11). Said Aqil terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab test.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi langkah Said Aqil yang berani mengumumkan hasil swabnya. "Saya sudah mendapati beritanya, jadi saya sangat menghormati, memuliakan beliau sebagai pimpinan Ormas Islam terbesar, saya mendoakan segera lekas pulih dan saya sangat menghormati kebijaksanaannya mengumumkan itu (positif COVID-19)," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (30/11).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan, sedianya apa yang dilakukan oleh Said Aqil bisa menjadi contoh keteladanan tokoh publik yang terpapar COVID-19. "Beliau adalah tokoh publik, punya interaksi sangat besar dan dengan kearifan yang menginformasikan maka itu menjadi inspirasi dan contoh," katanya.

Ia menekankan, terpapar COVID-19 bukanlah sebuah hal memalukan yang perlu ditutup-tutupi. "Satu bahwa COVID-19 bukan aib, dan yang kedua memberikan tanggung jawab moril kepada yang berinteraksi, untuk mewaspadai diri dengan tracing dan testing, dan sebagainya, hanya itu yang bisa kita lakukan untuk membuat pandemi ini berakhir lebih cepat," katanya.

Sebelumnya, Said Aqil terkonfirmasi Corona pada Sabtu lalu, sekitar pukul 19.30 WIB setelah dilakukan pemeriksaan usab (swab test). Sofwan menyebut Said Aqil untuk meminta agar kabar tersebut disampaikan ke masyarakat.

"Atas arahan beliau kami diminta untuk menyampaikan kabar ini, sebagaimana yang sering beliau sampaikan bahwasanya COVID-19 ini bukanlah aib, bukanlah hal yang buruk dan bisa menimpa siapa saja dari latar belakang apa saja," ucapnya.

(yum/mud)