Melihat Kontes Ikan Koi Terbesar di Kuningan

Bima Bagaskara - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 16:24 WIB
Melihat kontes ikan koi terbesar di Kuningan
Melihat kontes ikan koi terbesar di Kuningan (Foto: Bima Bagaskara)
Kuningan -

Kontes ikan koi bertajuk Kuningan Young Koi Show 2020 selesai digelar. Peserta dari berbagai daerah berhasil menjuarai kontes bergengsi yang baru pertama kali diadakan di Kabupaten Kuningan ini.

Kontes yang dilaksanakan di GOR Ewangga Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan pada 28-29 November 2020 ini merupakan kontes ikan koi terbesar yang pernah diselenggarakan di Kabupaten Kuningan.

Doni Herdiana panitia Kuningan Young Koi Show 2020 mengatakan kontes ikan koi tersebut berawal dari rutinitas para penghobi ikan koi yang tergabung dalam komunitas Kuningan Koi.

"Ini kontes pertama yang tercetus dari para penghobi ikan koi di Kuningan. Para penggemar ini punya kebiasaan kontes kecil-kecilan untuk merangkul para penghobi biar kompak," kata Doni saat diwawancarai detikcom Minggu (29/11/2020).

Ada 15 kelas yang diperlombakan dalam Kuningan Young Koi Show 2020. Ikan koi yang mengikuti kontes itu dinilai oleh delapan orang juri profesional di dunia ikan hias khususnya koi.

Menurut Doni peserta yang mengikuti kontes Kuningan Young Koi Show 2020 berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung hingga Blitar.

"Yang dinilai itu yang pertama tergantung jenisnya, bodinya tidak cacat bagus berbentuk torpedo, warnanya itu banyak faktornya. Kalau peserta dari seluruh pulau Jawa dari Jakarta sampai Blitar ada," ujarnya.

Dalam kontes itu ikan koi jenis Kohaku dengan panjang 69 centimeter milik Daryono asal Bandung berhasil keluar sebagai juara grand champion. Daryono sendiri membawa 83 ekor ikan koi ke Kuningan untuk mengikuti kontes tersebut.

"Saya dapat grand champion, itu pemenang tertinggi jenis koi nya Kohaku. Saya ke sini bawa 83 ekor dan alhamdulillah ada beberapa yang juara termasuk grand champion itu," singkatnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama yang menyaksikan Kuningan Young Koi Show mengaku sangat mengapresiasi kontes Kuningan Young Koi Show 2020.

Menurutnya dengan adanya kontes-kontes tersebut dalam membangkitkan gairah para pembudidaya ikan hias khusus koi di Kabupaten Kuningan.

"Bagi saya ini momen untuk menumbuhkan kegemaran dan budidaya ikan koi di Kuningan. Dengan ikan koi ini saya yakin bisa menjadi komoditi yang menghasilkan ekonomi bagi para penghobi dan pembudidayanya," tandas Acep.

(mud/mud)