Tergerus Air Sungai, Jembatan di Ciamis Terancam Ambruk

Dadang Hermansyah - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 10:22 WIB
Jembatan di Ciamis Terancam Ambruk
Jembatan di Ciamis ini terancam ambruk. (Foto: istimewa)
Ciamis -

Jembatan penghubung antardesa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terancam ambruk. Fondasi jembatan itu terkikis dan sebagian rusak ambruk akibat derasnya aliran Sungai Cipamutih setiap diguyur hujan lebat.

Jembatan tersebut menghubungkan Desa Neglasari dengan Desa Sukajaya, lalu menuju Desa Margajaya. Jembatan yang berada di Dusun Girimulya Neglasari itu cukup vital lantaran sebagai akses utama aktivitas warga.

Sekretaris Desa Neglasari Apan Ruspandi membenarkan jembatan tersebut terancam ambruk. Derasnya aliran sungai saat hujan terhambat oleh tiang beton penyangga yang terdapat di tengah-tengah jembatan.

Ketika air membawa sampah pohon dan ranting, kemudian menyangkut di tiang tersebut kemudian air menggerus pinggir fondasi jembatan. "Iya terancam ambruk, akibat tergerus aliran sungai karena terhambat oleh tiang penyangga di tengah," ujar Apan Ruspandi, Jumat (27/11/2020).

Selain itu, menurut Apandi, akibat dihantam derasnya aliran sungai dan sampah, tiang penyangga pun kini kondisinya miring. "Kalau terus dibiarkan kondisi ini akan semakin parah. Khawatir jembatan langsung ambruk terbawa arus sungai saat hujan deras. Solusinya itu harus membuang tiang penyangga di tengah," ucapnya.

Menurut Apandi, untuk membuang tiang tersebut tidak bisa manual tapi menggunakan alat berat. Pihak desa saat ini tengah mengajukan bantuan alat berat ke Pemkab Ciamis.

Untuk menghilangkan tiang tersebut agar aliran sungai tidak terhambat. Karena jembatan tersebut tidak terlalu panjang sehingga tidak perlu ada tiang penyangga.

(bbn/bbn)