Round-Up

Bandung Darurat Corona dan Krisis Tempat Tidur Pasien

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 08:11 WIB
Poster
Ilustrasi pandemi Corona (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Jumlah kasus positif aktif COVID-19 di Kota Bandung terus meningkat. Situasi darurat diumumkan Pemkot Bandung.

"Jadi kita sudah masuk pada situasi cukup darurat, bahwa Bandung harus benar-benar upayanya maksimal lagi," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Rabu (25/11).

Ema menyebut situasi darurat itu dapat dilihat dari jumlah kasus positif aktif hingga ketersediaan tempat tidur untuk pasien COVID-19 yang terus menipis.

"Kita mencermati bahwa tingkat pandemi COVID-19 di Kota Bandung cukup tinggi. Sekarang sudah ada di angka 21,53 persen. Artinya itu percepatan, bukan angka reproduksi. Kalau angka reproduksi kita masih di bawah 1, masih 0,81 tapi transmisinya atau positif rate (naik)," ungkap Ema.

Perilaku masyarakat yang tidak disiplin mengakibatkan penambahan kasus COVID-19 di Kota Bandung. "Akibat perilaku warga masyarakat yang menurut saya sudah masuk kepada kategori sangat tidak disiplin, kerumunan kembali terjadi, aktivitas mereka seperti tidak disadari bahwa pandemi COVID-19 masih terjadi," tutur Ema.

Menurutnya peningkatan kasus yang terjadi akhir-akhir ini cukup luar biasa dibandingkan dengan beberapa waktu sebelumnya. "Ini artinya, secara kumulatif sudah di atas angka tiga ribuan. Angka positif sudah di angka 484, itu terkonfirmasi positif. Karena lompatan angka hariannya sudah masuk kategori puluhan. Ada 50, 60, sehingga berpengaruh pada positif rate kita yang tinggi," ujar Ema.

Selanjutnya
Halaman
1 2