12 Tenaga Kesehatan di Jawa Barat Meninggal Akibat Corona

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 22:00 WIB
Poster
Ilustrasi (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat mencatat hingga jelang November 2020 ini ada 12 tenaga kesehatan (nakes) meninggal akibat Corona atau COVID-19. Para nakes itu mengemban tugas di Jabar.

"Dari Maret sampai Agustus, Jabar tidak ada yang meninggal, tapi yang positif ada. Tapi begitu September-Oktober, kita ada kejadian satu orang yang meninggal di daerah Kabupaten Bekasi. Setelah itu penambahannya sampai sebelas orang dari Oktober-November 2020," kata Ketua PPNI Jabar Wawan Hernawan kepada detikcom, Selasa (24/11/2020).

Pihaknya merinci 12 nakes tersebut berasal dari Depok dua orang, Kabupaten Bekasi dua orang, Kota Bekasi dua orang, Bandung dua orang, Cirebon dua orang, dan Bogor dua orang.

Wawan mengungkapkan nakes yang meninggal akibat Corona itu mayoritas tidak menangani langsung pasien positif COVID-19. Mereka bertugas di puskesmas atau di rumah sakit bagian pelayanan IGD dan di dalam ruangan.

"Sementara ini memang kebanyakan bukan yang merawat pasien kondisi Covid ya, tetapi mereka yang bekerja di puskesmas, di rumah sakit. Kebanyakan meninggalnya hampir 60 persen bukan karena menangani pasien kondisi Covid, tapi yang ada di ruangan. Baik ruangan IGD maupun ruangan seperti biasanya," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2