Ngeri! King Kobra Nangkring di Plafon Rumah Warga Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 18:46 WIB
Ular kobra nangkring di plafon warga Serang
Ular kobra nangkring di plafon warga Serang (Foto: Bahtiar Rifa'i)
Serang -

Seekor king kobra dengan ukuran panjang 3 meter membuat kaget warga Kampung Suka Herang, Kopo, Kabupaten Serang. Pasalnya, hewan berbisa ini nangkring di plafon salah satu rumah dan membuat warga ketakutan.

Warga bernama Boim langsung menelpon petugas Damkar BPBD Kabupaten Serang. Kobra kemudian dievakuasi dan dibawa ke BKSDA Wilayah 1 Serang.

"Iya, king kobra yang diserahkan oleh BPBD Kabupaten Serang, itu asalnya dari rumah warga dan ditangkap petugas pemadam kebakaran, ditemukan katanya di plafon rumah," kata Kepala BKSDA Wilayah 1 Serang Andre Ginson kepada wartawan di Serang, Selasa (24/11/2020).

Ia mengatakan, ular itu memang belum sempat melukai warga setempat. Belakangan, hewan berbisa jenis kobra memang sering muncul di tengah pemukiman karena sedang musim hujan.

"Makanya, saya imbau agar waspada di musim hujan seperti ini karena banyak ular keluar," ujarnya.

Andre menambahkan, selain king kobra, pihaknya juga menerima kobra jawa dari warga yang ditemukan di pekarangan rumah. Kedua hewan itu saat ini sudah diamankan di kantor BKSDA.

"Jadi dua, yang satu kobra biasa," ujarnya.

BKSDA belum mempertimbangkan akan melepasliarkan ular berbisa tersebut. Jika pun dilepas, kedua hewan ini akan dibawa ke tengah hutan agar tidak mencelakai warga.

Di tempat yang sama, petugas polhut BKSDA Uday Udaya mengatakan, king kobra yang diserahkan memiliki panjang 3 meter. Sedangkan kobra jenis bisa panjangan satu setengah meter.

"Panjangnya ini 3 meteran, tapi saat ditemukan memang belum gigit warga," katanya menambahkan.

(bri/mud)