1,9 Juta KRTS Jabar Terima Bansos Tahap III

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 10:25 WIB
Ilustrasi THR
ilustrasi uang (Foto: Muhammad Ridho/detikcom)
Bandung -

Pendistribusian bantuan sosial (bansos) tahap III Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah tuntas. Sebanyak 1.900.688 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) telah menerima bantuan senilai Rp 500 ribu itu, walau begitu masih ada 5.553 paket yang gagal serah.

Sub Divisi Logistik Sri Endang mengatakan, kecilnya persentasi paket bansos yang gagal serah menandakan pendataan bansos yang dilaksanakan semakin membaik dan akurat. "Ada daerah yang nihil gagal serah yakni Kabupaten Bogor dan Kota Cimahi, yang paling besar gagal serah ada di Kota Depok," ujar Sri dalam keterangannya yang diterima detikcom, Senin (23/11/2020).

Petugas harus menyerahkan paket secara langsung ke penerima, sesuai dengan kartu identitas. Jika data nama dan alamat tidak sesuai, maka paket bansos provinsi dikembalikan untuk diverifikasi ulang.

Sri memastikan penyaluran bansos tahap III terbilang lebih kondusif dan baik termasuk dari penyaluran maupun produksi. "Komplain dari masyarakat nol persen," kata Sri.

Direktur Utama PT Agro Jabar Kurnia Fajar yang ditunjuk sebagai pengelola bansos tahap III juga memastikan dalam pengerjaan bansos kali ini menyerap padat karya dan memberdayakan UMKM. Kurnia menjelaskan dalam proses pengemasan bansos Jabar tahap III, pihaknya menyerap sekitar 1.400 tenaga kerja harian di sekitar lokasi gudang milik PT Agro Jabar.