Hakim Bebaskan 3 Terdakwa yang Terseret Pembunuhan Rentenir di Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 21:59 WIB
Jasad Edward Silaban dievakuasi tim Inafis Polresta Bandung di dasar jurang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (3/2/2020). Pria penagih utang tersebut dibunuh dan dibuang mayatnya oleh pegawai kedai ramen.
Proses evakuasi mayat Edward Silaban. Edward dibunuh dan mayatnya dibuang ke jurang. (Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung -

Hakim membebaskan tiga terdakwa yang terseret kasus pembunuhan Edward Silaban, seorang rentenir di Kabupaten Bandung. Tiga pria Saepuloh Ramdani, Dedi Setiadi, Dani Muhammad, dinyatakan tidak memenuhi bukti telah membantu melakukan pembunuhan berencana.

Sementara dua terdakwa lainnya atau pelaku utama, Luki Teja dan Ridwan Maulana, divonis penjara seumur hidup. Keduanya terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana sebagaimana disebutkan dalam Pasal 340 juncto 56 ayat (1) KUHPidana.

Vonis bebas kepada Saepuloh, Dedi dan Dani disampaikan hakim dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Selasa (10/11/2020). Sidang digelar secara daring. Sebelumnya, tiga terdakwa tersebut dituntut 20 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU).

"Saepuloh cs dibebaskan, karena pertimbangan hakim tidak memenuhi bukti," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Bandung Paryono usai sidang.

Awalnya ketiga lelaki itu didakwa membantu pelaku utama, Luki Teja dan Ridwan Maulana, berkaitan kasus pembunuhan Edward Silaban. Namun fakta-fakta di persidangan menyatakan Saepuloh, Dedi dan Dani tidak memenuhi bukti terlibat perkara ini. Hakim pun memutuskan ketiganya bebas.

Selanjutnya
Halaman
1 2